103 Titik Panas Membara di Palangkaraya, Status Naik Darurat Karhutla

103 Titik Panas Membara di Palangkaraya, Status Naik Darurat Karhutla

Infografis | sindonews | Minggu, 22 September 2024 - 09:33
share

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah melaporkan telah terjadi 103 kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Total luas lahan yang terbakar mencapai 34 hektare.

”Dengan masih berlangsungnya cuaca panas akibat musim kemarau, intensitas kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kota Palangkaraya terus meningkat,” kata Kepala BPBD Kota Palangkaraya Hendrikus Satria Budi, Minggu (22/9/2024).

Baca juga: Banjir dan Karhutla Dominasi Kejadian Bencana di Penajam Paser Utara

Menurut dia, pemerintah daerah setempat akan segera menggelar rapat koordinasi untuk menentukan status Karhutla ke depannya. Untuk menanggulangi serta mencegah meluasnya Karhutla, BPBD bersama relawan terus melakukan pemadaman di lokasi titik api.

“Kamia akan melakukan rapat koordinasi dengan TNI, Polri, BMKG, dan instansi terkait lainnya dalam waktu dekat. Rapat ini bertujuan untuk menentukan apakah status siaga Karhutla akan dinaikkan menjadi tanggap darurat,” ucapnya.

Baca juga: 4 Perwira Menengah Polri Promosi Jadi Wakapolda, Ini Daftar Namanya

Hendrikus menjelaskan, keputusan ini akan diambil berdasarkan indikator kualitas udara dan dampaknya terhadap kesehatan, pendidikan, transportasi, serta perdagangan. Sejak pemberlakuan status siaga Karhutla, BPBD Palangkaraya telah menurunkan 19 personel.

Kemudian Tim Reaksi Cepat bersama 15 relawan setiap harinya untuk memadamkan api di berbagai lokasi. Namun, upaya pemadaman sering terhambat oleh minimnya sumber air. “Untuk pemadaman Karhutla kita minim SDM dilapangan,” tegasnya.

Topik Menarik