Jokowi Apresiasi TNI-Polri Berhasil Bebaskan Pilot Susi Air

Jokowi Apresiasi TNI-Polri Berhasil Bebaskan Pilot Susi Air

Nasional | sindonews | Sabtu, 21 September 2024 - 14:34
share

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi TNI-Polri yang berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Nduga, Papua Pegunungan. Jokowi mengungkapkan pembebasan pilot Susi Air membutuhkan negosiasi yang panjang.

"Ya ini kan proses negosiasi yang sangat panjang dan kesabaran kita untuk tidak melakukan dengan represif," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (21/9/2024).

Sebelumnya, pilot Susi Air berkewarganegaraan Selandia Baru, Kapten Philip berhasil dibebaskan dan dijemput oleh tim gabungan di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga. Philip langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Yang kita prioritaskan adalah keselamatan dari pilot yang disandera hingga proses panjang yang telah dilakukan TNI/Polri sudah sangat bagus," kata Jokowi.

Presiden mengapresiasi seluruh pihak yang telah berupaya melakukan pembebasan Pilot Philip. Saat ini, Jokowi mengatakan bahwa Pilot Philip masih dilakukan pengecekan kesehatan.

"Saya sangat mengapresiasi dan nanti akan dibawa dari Yaguru (salah satu kampung di Distrik Mebarok, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan) ke rumah sakit terlebih dahulu untuk dicek kesehatannya setelah itu akan diterbangkan," katanya.

Pilot Philip telah disandera oleh KKB dalam kurun waktu 1,5 tahun yang dipimpin Egianus Kogoya di wilayah Nduga. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Republik Indonesia untuk membebaskan Pilot Philip.

Setelah sekian lama melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh tersebut. Akhirnya membuahkan hasil, pada Sabtu (21/9/2024), Pilot Philip berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

Topik Menarik