Gempa Bandung 21 Warga Jadi Korban, 4 Dirujuk ke Rumah Sakit

Gempa Bandung 21 Warga Jadi Korban, 4 Dirujuk ke Rumah Sakit

Infografis | sindonews | Rabu, 18 September 2024 - 14:05
share

Pascagempa yang mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat puluhan warga Kecamatan Kertasari harus mendapatkan perawatan medis karena mengalami luka benturan.

Beberapa warga bahkan terpaksa dirujuk ke rumah sakit daerah karena kondisi luka yang cukup serius.

Baca juga: Penampakan Sekolah, Masjid, dan Rumah Warga Porak Poranda Dampak Gempa Kabupaten Bandung

Sebanyak 21 warga di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Rabu siang (18/9/2024), harus mendapatkan pertolongan medis dari petugas Puskesmas Kertasari.

Puluhan warga yang dirawat mengalami luka akibat benturan, pasca gempa berkekuatan magnitudo (M)5,0 mengguncang kawasan Bandung Selatan.

 

Sementara itu, akibat gempa ini, dua pasien yang sedang berada di gedung IGD Puskesmas mengalami luka akibat plafon IGD yang ambruk.

Saat gempa terjadi, Puskesmas sedang melakukan proses persalinan, dan pasien tersebut kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Muhammadiyah Soreang untuk penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Kabupaten Bandung Diguncang Gempa, BMKG Catat 5 Kali Aktivitas Gempa Susulan

Kepala Puskesmas Kertasari, dr Muhamad Irsyad menyatakan, hingga saat ini Puskesmas Kertasari telah merujuk empat pasien ke rumah sakit besar karena kondisi luka yang sedang hingga parah.

"Jumlah korban pasca gempa mengguncang Kertasari masih terus bertambah, mengingat proses pendataan oleh pihak puskesmas masih berlangsung," Muhamad Irsyad.

Topik Menarik