Mantan Bos Intelijen Israel Kecam Kebijakan PM Netanyahu tentang Koridor Philadelphia

Mantan Bos Intelijen Israel Kecam Kebijakan PM Netanyahu tentang Koridor Philadelphia

Global | sindonews | Sabtu, 7 September 2024 - 21:20
share

Mantan kepala badan keamanan internal Shin Bet Israel , Nadav Argaman, menuduh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyesatkan negara itu. Itu disebabkan Nentanyahu ingin mempertahankan kendali atas wilayah perbatasan antara Gaza dan Mesir, yang dikenal sebagai Koridor Philadelphia.

"Tidak ada hubungan antara persenjataan yang ditemukan di Gaza dan Koridor Philadelphia," kata Argaman kepada berita Channel 12 Israel dalam sebuah wawancara yang luas.

"Mayoritas penyelundupan ke Gaza dilakukan melalui penyeberangan perbatasan Rafah. Kami tahu ini dengan jelas," kata Argaman.

"Ketika Netanyahu berbicara tentang tetap berada di Koridor Philadelphia, dia tahu betul bahwa tidak ada penyelundupan yang terjadi melalui Koridor Philadelphia. Jadi sekarang kita terpaksa hidup dengan khayalan ini," katanya. "Semua ini dimaksudkan hanya untuk melestarikan pemerintahan Mesianik yang berbahaya ini."

Argaman, yang mengepalai Shin Bet antara tahun 2016 dan 2021, juga mengatakan bahwa Israel harus menghentikan perang di Jalur Gaza sekarang, dan bergerak menuju gencatan senjata.

Kita harus melakukan pertukaran menyeluruh, untuk membawa semua orang kembali, katanya, seraya menambahkan bahwa ia khawatir akan masa depan Israel karena negara itu telah dibajak oleh pemerintah yang ekstremis dan radikal.

Melansir Guardian, Koridor Philadelphia adalah pita tanah sepanjang sekitar sembilan mil (14 km) dan lebar 100 meter di sepanjang perbatasan Gaza dengan Mesir, termasuk penyeberangan Rafah.

Koridor ini ditetapkan sebagai zona perbatasan demiliterisasi setelah penarikan pemukiman dan pasukan Israel dari Gaza pada tahun 2005 dan membentang dari Mediterania hingga penyeberangan Kerem Shalom dengan Israel.

Sebelum tahun 2005, perjanjian damai Camp David tahun 1979 antara Israel dengan Mesir telah mengizinkannya untuk menempatkan sejumlah pasukan di koridor tersebut tetapi tidak boleh ada kendaraan lapis baja berat.

Setelah Israel menarik diri, wilayah itu menjadi tanggung jawab Mesir dan Otoritas Palestina, dengan 750 polisi Mesir dikerahkan untuk mencegah penyelundupan, hingga Hamas menguasai Gaza pada tahun 2007. Wilayah itu direbut oleh Israel pada bulan Mei tahun ini saat serangan daratnya di Gaza memasuki Rafah.

Meskipun ada banyak upaya antiterowongan di kedua sisi perbatasan Mesir-Gaza, termasuk banjir di sisi Mesir dan serangan udara Israel, penyelundupan lintas batas melalui rute bawah tanah masih terus berlanjut, dan telah dieksploitasi oleh Hamas untuk membawa senjata, meskipun ada bukti bahwa dalam beberapa tahun terakhir beberapa penyelundupan senjata telah dilakukan melalui Mediterania.

Mesir terus menolak kehadiran militer Israel yang besar langsung di perbatasan dan telah menyatakan bahwa kehadiran semacam itu akan mengancam perjanjian damai.

Topik Menarik