Mahfud MD Sebut 1 Muharam Momentum Deklarasi Peradaban, Ini Penjelasannya

Mahfud MD Sebut 1 Muharam Momentum Deklarasi Peradaban, Ini Penjelasannya

Nasional | sindonews | Minggu, 7 Juli 2024 - 18:01
share

Mahfud MD mengisi ceramah pada peringatan Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1446 H, yang digelar oleh Masjid Istiqlal, di Jakarta, Minggu (7/7/2024). Mahfud menyebut, 1 Muharam menjadi momentum waktu Nabi Muhammad hijrah dari Makkah ke Madinah yang menjadi tonggak peradaban.

Mahfud menyebut, kehadirannya di Masjid Istiqlal mengisi ceramah atas undangan sahabatnya, Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar. Mahfud mengisi ceramah Gebyar Hijriah Tahun Baru Islam bertajuk 'Nusantara Bertamaddun Menuju Indonesia Emas'.

"Bertamaddun artinya berperadaban. Hijrah Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah adalah tonggak peradaban," kata Mahfud dalam keterangannya, Minggu (7/7/2024).

Mantan Menko Polhukam inimenyebut, Nabi Muhammad telah menancapkan tonggak lahirnya peradaban Islam. Nabi Muhammad telah berhasil membangun negara Madinah yang inklusif.

"Maka pembangunan negara Madinah yang inklusif di awal hijrahnya Nabi, adalah titik tonggak lahirnya peradaban Islam," jelasnya.

"Jadi bermaddun artinya kembali ke nilai-nilai peradaban, atau kembali ke nilai-nilai yang dibangun saat membangun Madinah, antara lain inklusifisme. Karena Madinah bukan negara eksklusif, sebagaimana yang tercantum dalam pasal-pasal Piagam Madinah," tambahnya.

Dia menyebut, belajar dari nilai-nilai peradaban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus mencipitakan prinsip-prinsip yang dicontohkan Nabi Muhammad. Prinsip pluralisme, berkeadilan, serta mengembangkam ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Dalam kehidupan bernegara dan pemerintahan, maka harus tercipta kosmopolitanisme (prinsip kesewarganegaraan), pluralisme atau kesadaran setiap bangsa dan negara yang tidak monolitik, tapi plural dan beradab," jelasnya.

"Lalu, harus ada pula keadilan antar manusia, harus saling menguntungkan secara ekonomi, agar harta tidak berkumpul di sekelompok orang kaya. Serta dikembangkannya ilmu pengetahuan dan teknologi. Persisnya, membangun suatu negara yang memiliki nilai rahmatan lilalamin," tegasnya.

Dia menyebutkan, momentum 1 Muharam adalah momentun deklarasi peradaban. Mahfud menutup dengan menyampaikan ucapatan selamat Tahun Baru 1 Muharam 1446 H.

Topik Menarik