PKS Serahkan Rekomendasi ke Agung Nugroho-Markarius Anwar Maju Pilkada Pekanbaru

PKS Serahkan Rekomendasi ke Agung Nugroho-Markarius Anwar Maju Pilkada Pekanbaru

Infografis | sindonews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 21:24
share

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu resmi mendeklarasikan dukungan kepada Calon Wali Kota Agung Nugroho dan Calon Wakil Wali Kota Markarius Anwar untuk maju di Pilkada Kota Pekanbaru 2024.

Pernyataan dukungan dan penyerahan Surat Keputusan (SK) berlangsung di kantor DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (4/7/2024) sore.

Baca juga: KPU Pastikan Gunakan Sirekap di Pilkada Serentak 2024

“Dengan ini memberikan surat keputusan DPP PKS kepada yang terhormat H Agung Nugroho sebagai bakal Calon Wali Kota Pekanbaru dan kepada H Markarius Anwar bakal Calon Wakil Wali Kota Pekanbaru,” kata Syaikhu kepada wartawan.

Syaikhu pun berharap pemberian dukungan ini akan menjadi langkah awal kemenangan pasangan Agung Nugroho dan Markarius Anwar dalam Pilkada kota Pekanbaru. Dia berpesan keduanya harus bekerja lebih keras dan lebih efektif untuk memenangkan kompetisi Pilkada.

“Mudah-mudahan ini akan bisa menjadi awal kemenangan (Kita) pada Pilkada kota Pekanbaru 2024,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Riset Trust Indonesia, Ahmad Fadhli menyqtqkqn, popularitas dan elektabilitas Agung Nugroho tertinggi dibandingkan calon lain menjadi pertimbangan PKS untuk memberikan dukungan politik.

Baca juga: Bawaslu Waspadai Kecanggihan Artificial Intelligence di Pilkada Serentak 2024

“Survei kami menunjukkan Agung Nugroho menjadi figur yang memiliki popularitas dan elektabilitas paling tinggi sebagai Wali Kota Pekanbaru. Dalam konteks popularitas, nilainya bahkan mencapai angka 92,4 persen. Sementara pada aspek elektabilitas (tertutup) angkanya sudah berjumlah 41,3 persen. Inilah alasan utama mengapa banyak partai mudah memberikan dukungan,” ujar Fadhli.

Mengacu pada hasil survei, Fadhli menjelaskan Agung Nugroho juga memiliki dukungan pemilih tetap (strong voters) yang besar.

Dia menyatakan rata-rata responden yang menjadi pemilih tetap Agung Nugroho sekitar 38 persen. Itu artinya, ungkap dia, sebagian besar pemilih Agung Nugroho tidak akan mengubah pilihannya hingga waktu pelaksanaan Pilkada Pekanbaru pada 27 November 2024 mendatang.

“Strong voters Agung Nugroho pun menjadi paling tinggi dibandingkan dengan kandidat lain. Dia memang punya modal yang sangat besar untuk memenangkan Pilkada Kota Pekanbaru kali ini. Dia hanya butuh bekerja sedikit lagi untuk menyempurnakan keterpilihannya. Ini mungkin jadi alasan utama mengapa Presiden PKS Ahmad Syaikhu akan langsung menyampaikan dukungan kepadanya (Agung Nugroho),” ujarnya.

Untuk diketahui, survei Trust Indonesia digelar pada 24-27 Juni 2024 lalu, dengan melibatkan 1.200 responden warga kota Pekanbaru. Survei diselenggarakan dengan metode multistage sampling dan tingkat kesalahan sebesar 2,83 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen.

Topik Menarik