Hujan Es Guyur Depok hingga 2 Pohon Tumbang

Hujan Es Guyur Depok hingga 2 Pohon Tumbang

Terkini | sindonews | Rabu, 3 Juli 2024 - 20:40
share

Hujan dengan intensitas deras disertai angin kencang mengguyur wilayah Depok, Jawa Barat pada Rabu (3/7/2024) sore. Hal itu membuat pohon tumbang di sejumlah titik.

"Lokasi pertama di Jalan Ir. H. Juanda, Sukmajaya jenis pohon tanjung. (kerusakan dan korban) nihil," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Depok Abdul Rahman saat dikonfirmasi.

Abra sapaan karibnya menjelaskan, pohon tumbang juga terjadi di Jembatan Serong, Cipayung, Depok dan menimpa atap rumah warga hingga asbes jebol. "Jenis pohon teropong mengakibatkan asbes jebol," ucapnya.

Baca juga: Hujan Deras Disertai Angin Kencang, 6 Rumah di Ciawi Rusak

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok Denny Romulo Hutauruk mengungkapkan sejumlah pohon tumbang dan banjir saat hujan es disertai angin kencang menerjang Kota Depok.

Berdasarkan monitoring DPKP Depok angin kencang menerjang Kecamatan, Sawangan, Pancoran Mas, Cilodong, dan beberapa wilayah lainnya. "Hujan disertai angin kencang ya, sejak pukul 15.30 WIB," ucap Denny.

Selain itu, terjadi hujan es yang melanda Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, namun belum ada laporan kerusakan akibat fenomena tersebut.

"Belum ada laporan kerusakan akibat hujan es," jelasnya.

Lebih lanjut, Denny berharap agar masyarakat waspada terhadap cuaca ekstrem yang mungkin terjadi beberapa hari ke depan, baik berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) untuk memangkas pohon yang berpotensi membahayakan maupun tidak berteduh di bawah pohon saat hujan.

“Sebaiknya berteduh di lokasi yang aman seperti pertokoan, tidak di dekat pohon rawan tumbang. Saat ini petugas Damkar masih mendata pohon tumbang dan kerusakan akibat hujan disertai angin kencang tadi sore," ungkapnya.

Topik Menarik