3 Pelatih Tinju Sepanjang Karier Deontay Wilder, Nomor 1 Eks Reporter Kriminal

3 Pelatih Tinju Sepanjang Karier Deontay Wilder, Nomor 1 Eks Reporter Kriminal

Olahraga | sindonews | Rabu, 3 Juli 2024 - 14:00
share

Deretan pelatih tinju Deontay Wilder di ring profesional akan dibahas di artikel ini. Salah satu nama yang paling mencuri perhatian adalah Jay Deas.

Deontay Wilder merupakan petinju profesional asal Amerika Serikat. Sepanjang kariernya di ranah profesional, petinju kelas berat ini sudah mengemas rekor 43-4-1 (43 menang, 4 kalah, 1 seri).

Baca Juga: Biodata dan Agama Malik Scott, Pelatih Tinju Kenamaan yang Latih Deontay Wilder hingga Usyk

Kegemilangan Wilder di ring tinju tak hanya didapat dari keterampilan bertinjunya saja. Aspek lain yang mendukung performanya adalah dukungan dan gemblengan dari para pelatihnya.

Sebagaimana diketahui, Wilder telah dilatih oleh berbagai pelatih berbeda sepanjang berkarier di tinju profesional. Berikut ini tiga di antaranya yang bisa diketahui.

Pelatih Tinju Deontay Wilder

1. Jay Deas

Berbeda dengan kebanyakan pelatih tinju, Jay Deas bukanlah mantan petinju. Dulunya, ia lebih dikenal sebagai reporter kriminal televisi di Miami.

Mengutip DailyMail, Deas memutuskan beralih menjadi pelatih tinju dan meninggalkan pekerjaan lamanya. Ia lalu membuka sasana di pinggiran Tuscaloosa, menjadi promotor tinju termuda hingga membujuk Wilder untuk naik ring sebagai petinju pemula pada usia 20 tahun.

Setahun berselang, ia mulai melatih Wilder hingga membawanya meraih tempat ketiga di Olimpiade Beijing 2008. Momen ini menjadi salah satu titik balik yang menginspirasi Wilder untuk dijuluki Bronze Bomber.

Pada sebuah wawancara, Deas pernah berkata bahwa dirinya akan pensiun dari tinju apabila Wilder juga keluar pensiun dari olahraga tersebut. Ia bahkan sudah berencana membuka gymnasium kedua di kota kecil seratus mil dari Tuscaloosa untuk menawarkan harapan masa depan cerah bagi anak-anak miskin.

2. Mark Breland

Mark Anthony Breland merupakan salah seorang pelatih tinju asal Amerika. Sebelum menjajaki karier sebagai pelatih, ia juga pernah menjadi petinju, baik dari amatir hingga kancah profesional.

Saat aktif menjadi petinju, ia pernah meraih medali emas Olimpiade tahun 1984 dan memenangkan dua gelar juara dunia utama sebagai atlet profesional. Ia pensiun dengan rekor profesional 35-3-1.

Pensiun sebagai petinju, Breland masih bertahan di bidang tersebut. Bedanya, ia beralih menjadi pelatih.

Sempat melatih Vernon Forrest, ia juga berkesempatan melatih Deontay Wilder. Mengutip BoxingScene, Breland dulunya dibawa oleh manajer Wilder, Shelly Finkel.

Ia menjadi pelatih Wilder selama kurang lebih 12 tahun hingga pemecatannya pada Oktober 2020. Waktu itu, Breland diberhentikan ketika Wilder tengah bersiap untuk pertarungan ketiganya melawan Tyson Fury.

3. Malik Scott

Malik Scott ditunjuk sebagai pelatih Wilder pada 2021. Sebelum itu, ia juga pernah menjadi petinju aktif.

Scott bertarung di atas ring profesional antara tahun 2000 hingga 2016. Sepanjang itu, ia menikmati rekor 38-3-1.

Menariknya, Scott dulu pernah dikalahkan Wilder saat masih aktif sebagai petinju. Kendati begitu, ia mulai melatih Wilder setelah memutuskan banting setir menjadi trainer.

Sempat menjadi asisten pelatih saja, Scott naik jabatan menjadi pelatih usai Wilder memecat Breland. Namun, belakangan performanya disorot lantaran hasil buruk yang didapat The Bronze Bomber selama beberapa pertarungan terakhir.

Itulah tiga nama pelatih tinju Deontay Wilder selama berkarier di ring profesional.

Topik Menarik