Tatap PON 2024, Ribuan Atlet Sepatu Roda Ramaikan Kejuaraan Nasional di Central Park Meikarta

Tatap PON 2024, Ribuan Atlet Sepatu Roda Ramaikan Kejuaraan Nasional di Central Park Meikarta

Olahraga | sindonews | Senin, 1 Juli 2024 - 19:55
share

Ajang Kejuaraan Nasional "GWIS Open 2024" diikuti ribuan atlet sepatu roda seluruh Indonesia bahkan dari luar negeri.

Event "Grand Wisata Inline Skate (GWIS) Open 2024" ini di arena Central Park (CP) Meikarta, Cikarang, dan di 'International Skating Arena Grand Wisata', Kabupaten Bekasi, yang berlangsung selama tiga hari, 28 hingga 30 Juni 2024.

"Kami mendukung penuh event internasional ini, demi melahirkan bibit-bibit atlet handal Indonesia," kata Presiden Direktur Meikarta, Indra Azwar, dalam keterangan tertulis, Senin (1/7/24) kepada media.

Iya juga senang, karena Meikarta semakin menjadi tempat favorit berbagai kejuaraan olahraga, baik berskala regional, nasional, bahkan internasional.

Kategori yang diperlombakan

Ada pun kategori sepatu roda yang diperlombakan meliputi Speed Dual TT 200 Meter, Speed 500 Metet, standard 1000 Metet, Standard 500 M, Relay Standard, Relay Speed 3000 M, Marathon, Pemula 100 M, dan Pemula 200 M.

Dalam catatan Indra Azwar, lebih dari 1100 atlet dari 69 klub seluruh Indonesia berpartisipasi di "GWIS Open 2024", bahkan ada dua perwakilan tim dari Australia dan India.

"Ini karena Central Park Meikarta juga dapat menampung 20 ribu pengunjung. Dan pada bulan ini akan terselenggara event "D1 Grand Prix Indonesia" (D1 GP Indonesia) dan "Meikarta Run 2024" yang bakal diikuti juga ratusan peserta," ungkap Indra Azwar.

Persiapan PON 2024

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana "GWIS Open 2024", Budi Nur Yaenudin, menyebut event ini tak hanya sebagai kompetisi Kejurnas. Tapi juga sebagai persiapan menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

"Kejuaraan Sepatu Roda Tingkat Nasional ini diikuti 69 klub dari seluruh provinsi di Indonesia, lalu ada juga dari luar negeri Australia dan India," paparnya.

Tujuan acara ini, menurutnya, untuk evaluasi persiapan PON Aceh-Sumut. "Jadi sebelum ada PON persiapan & evaluasi disini .

Sementara kegiatannya tiga hari, dimana pada hari kedua dan ketiga di 'track international' Skating Arena Grand Wisata dan untuk marathon (sepatu roda) di Central Park Meikarta.

Menjaring bibit-bibit muda

Selanjutnya, Ketua Pengprov Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Poserosi) Jawa Barat, Abdul Haris Sugondo, turut hadir membuka acara GWIS Open 2024.

Dia berharap event ini bisa menjaring bibit-bibit muda atlet sepatu roda, sekaligus latihan bersama seluruh pengurus provinsi menjelang PON XXI.

"Saya sangat berbahagia penyelenggaraan sepatu roda "GWIS Open 2024" ini mendapat antusiasme luar biasa dari peserta. Kita mengharapkan dari hasil kejuaraan kita bisa mendapat generasi-generasi muda penerus yang punya mental prestasi dan juara yang luar biasa," ungkap Haris.

Dikatakannya, karena ini suatu ajang persiapan Pelatda Jawa Barat untuk PON, sehingga diharapkan ajang tersebut seperti suatu pelatihan bersama.

"Jadi, di sini melatih mental dan fisik serta persiapan lainnya. Sehingga semoga kita meraih hasil yang luar biasa nanti", ujar Abdul Haris Sugondo.

Topik Menarik