Profil Vasiliy Lomachenko, Petinju Ukraina Calon Penantang Gervonta Davis

Profil Vasiliy Lomachenko, Petinju Ukraina Calon Penantang Gervonta Davis

Olahraga | sindonews | Senin, 1 Juli 2024 - 16:01
share

JAKARTA - Profil Vasiliy Lomachenko petinju juara kelas ringan IBF asal Ukraina akan dibahas di artikel ini. Belakangan, nama Vasiliy Lomachenko disebut-sebut bakal menjadi lawan Gervonta Davis dalam sebuah pertarungan tinju besar.

Kabar ini disampaikan promotor tinju kenamaan, Bob Arum. Sebelumnya, Vasiliy Lomachenko mengatakan tengah merancang duel Vasiliy Lomachenko vs Gervonta Davis yang rencananya digelar pada November nanti.

Baca Juga: Gervonta Davis Bukan Cuma Kanvaskan Tapi Pukul KO Vasiliy Lomachenko

Lantas, siapa sebenarnya sosok Vasiliy Lomachenko yang diharapkan bisa berduel dengan Gervonta Davis ini? Berikut ulasan profilnya.

Profil Vasiliy Lomachenko

Vasiliy Anatoliyovych Lomachenko merupakan salah seorang petinju profesional asal Ukraina. Ia lahir di Bilhorod-Dnistrovskyi, Ukraina pada 17 Februari 1988.

Lomachenko adalah putra dari pasangan Tetiana dan Anatoly Lomachenko. Menariknya, sang ayah diketahui sebagai pelatih tinju yang turut melatihnya sejak muda.

Karier tinju Lomachenko dimulai dari ranah amatir pada 2007. Ia pun tercatat sebagai salah satu petinju amatir tersukses dengan torehan 396 kemenangan dan 1 kekalahan.

Tak hanya itu, Lomachenko juga sempat mencatatkan sejumlah prestasi membanggakan, termasuk emas Olimpiade 2008 dan Olimpiade 2012. Sukses di tingkat amatir, Lomachenko akhirnya ingin naik level ke profesional.

Petinju berjuluk The Matrix ini debut pada 12 Oktober 2013. Waktu itu, ia sukses mengalahkan Jose Luis Ramirez.

Sempat tumbang oleh Orlando Salido, Lomachenko bangkit dan meraih gelar kelas bulu WBO yang kosong ketika menumbangkan Gary Russel Jr. Seiring waktu, penampilannya di ring semakin apik dan berjalan konsisten.

Beberapa waktu berselang, Lomachenko memutuskan pindah ke divisi kelas bulu super. Pada 11 Juni 2016, ia menumbangkan Roman Rocky Martinez dan berhasil meraih gelar kelas bulu super WBO.

Kegemilangan Lomachenko terus berlanjut. Pada 2018, ia mengalahkan Jorge Linares dalam perebutan gelar kelas ringan WBA.

Penghujung Agustus 2019, Lomachenko menjadi juara dunia kelas ringan terpadu usai mengalahkan Luke Campbell melalui keputusan mutlak 12 ronde. Ia pun berhak untuk memegang sabuk juara dunia kelas ringan WBA (Super), WBO, The Ring, dan WBC.

Sempat ditumbangkan Devin Haney pada 2023, Lomachenko bangkit kembali di tahun 2024. Pada 11 Mei, ia mengalahkan George Kambosos Jr. dalam perebutan gelar kelas ringan IBF dan IBO di RAC Arena di Perth, Australia.

Baca Juga: Teofimo Lopez Remehkan Devin Haney, Pilih Duel Lawan Gervonta Davis

Pada kehidupan pribadinya, Lomachenko diketahui memiliki pasangan bernama Elena. Rumah tangganya pun telah dikaruniai beberapa anak.

Selain itu, Lomachenko juga memiliki akun instagram di @lomachenkovasiliy. Akun tersebut sudah punya pengikut mencapai 2,2 juta.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai profil Vasiliy Lomachenko, petinju Ukraina yang dijadwalkan bertarung dengan Gervonta Davis.

Topik Menarik