PMI Kota Semarang Gelar Gathering Media, Gaet Kolaborasi Awak Media dan Pegiat Medsos

PMI Kota Semarang Gelar Gathering Media, Gaet Kolaborasi Awak Media dan Pegiat Medsos

Terkini | semarang.inews.id | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 18:30
share

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Dalam upaya mempererat hubungan dan menguatkan kolaborasi dengan media serta masyarakat, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang mengadakan acara gathering media bersama para wartawan, pegiat media sosial (medsos) dan Duta Kemanusiaan PMI dengan mengusung tema "Mitra Strategis Dalam Misi Kemanusiaan". Acara ini berlangsung di lantai 4 Gedung Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Semarang, Jalan MGR Soegijopranoto, Jumat (25/10/2024).

Dalam sambutannya, dr. Widoyono, Wakil Ketua PMI Kota Semarang, menekankan pentingnya peran media dalam mendukung visi dan misi PMI. 

“Media adalah pilar keempat dalam demokrasi yang sangat berperan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Kami berharap kerja sama ini dapat memperluas jangkauan kami dalam menebarkan semangat kemanusiaan,” ujarnya.

Dr. Widoyono mengungkapkan bahwa PMI berupaya membangun kolaborasi erat dengan media, serta mencari ruang dan peluang di mana keduanya dapat bekerja bersama. 

Menurutnya, media dapat menjadi mitra strategis dalam menyebarkan informasi mengenai pentingnya donor darah dan kegiatan PMI lainnya.

"Kita menyadari kekuatan media ini sedemikian besar, jadi saya percaya bahwa banyak titik banyak ruang kita bisa berkolaborasi  bekerja sama dalam mengembangkan visi misi PMI," ungkapnya.

Melalui acara ini, PMI juga berusaha mendorong regenerasi pendonor darah dan sukarelawan, mengingat organisasi ini tidak mendapatkan dana rutin dari pemerintah.

Meski demikian, PMI terus berinovasi dengan berbagai unit layanan kesehatan, termasuk klinik utama yang beroperasi secara mandiri.

PMI juga berkolaborasi dengan Politeknik Bina Transfusi Darah (Polbitrada) Semarang untuk mendidik tenaga ahli dalam bidang transfusi darah, radiografi, dan elektromedik.

Mengenal Proses Donor Darah di PMI Kota Semarang 

Setelah pemaparan, para peserta gathering diajak mengenal lebih dalam proses donor darah di Klinik Utama PMI Markas Kota Semarang yang berada tidak jauh dari gedung UDD.

Proses ini mencakup beberapa tahap, mulai dari pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, hingga prosedur pengambilan darah yang berlangsung sekitar 10-12 menit. 

Para peserta juga berkesempatan melihat berbagai fasilitas yang tersedia, seperti klinik umum, penyakit dalam, thalasemia, THT, fisioterapi, gigi, laboratorium dan laktasi, yang semuanya ditujukan untuk mendukung kesehatan masyarakat.

Usai berkunjung ke Klinik Utama PMI, rombongan media dan duta kemanusiaan melanjutkan tour ke kampus Politeknik Bina Transfusi Darah (Polbitrada) Semarang di Jalan Sambiroto Raya Nomor 64-D, Kecamatan Tembalang. 

Di kampus ini, para peserta diajak menelusuri berbagai ruangan, termasuk laboratorium, ruang kelas, perpustakaan, serta pusat kegiatan mahasiswa.

 

Pjs. Direktur Polbitrada, Wiwit Riyanto, menyatakan dukungannya terhadap PMI Kota Semarang dan komitmennya untuk terus berkolaborasi dalam mewujudkan visi kemanusiaan.

"Kami siap mendukung setiap kegiatan PMI. Kami juga mengutamakan ciri khas kemanusiaan dalam berbagai kegiatan mahasiswa di sini," jelasnya.

Wiwit memaparkan, Polbitrada sendiri merupakan kampus vokasi yang memiliki tiga program studi unggulan yaitu Teknik Elektromedik, Teknologi Bank Darah, dan Rekam Medis. 

Dengan program-program ini, kampus berkomitmen untuk mencetak tenaga ahli yang siap berkontribusi dalam berbagai bidang kemanusiaan, termasuk dukungan untuk PMI Kota Semarang.

Wiwit menyampaikan harapan agar Polbitrada terus berkembang dan mampu mendukung misi kemanusiaan PMI secara berkelanjutan.

"Dan pengurus PMI Kota Semarang mendukung penuh terhadap kampus Polbitrada terkait dengan biaya pendanaan, sarana prasarana itu didukung karena Yayasan Bina Wiyata Mandiri sendiri adalah terdiri dari Pengurus-pengurus PMI Kota Semarang," pungkasnya.

Topik Menarik