Akun WhatsApp Kena Spam Jangan Panik! Begini Cara Mudah Memulihkannya

Akun WhatsApp Kena Spam Jangan Panik! Begini Cara Mudah Memulihkannya

Gaya Hidup | semarang.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 09:10
share

 

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Akun WhatsApp terkena spam merupakan salah satu hal yang membuat para penggunanya panik hingga khawatir data pribadi akan hilang atau disalahgunakan. Padahal, WhatsApp yang kena spam masih bisa dipulihkan dengan cara yang mudah. 

Tindakan spam tidak disukai sejumlah pengguna WhatsApp. Demi menjaga kenyamanan pengguna, WhatsApp pun mengambil tindakan pada akun yang diduga melakukan spam. 

Saat mengira Anda melakukan spam, WhatsApp akan menghentikan sementara akun untuk mencari tahu masalahnya. Ini juga bisa disebut blokir sementara. 

Selama blokir sementara, akses pengguna ke WhatsApp ditangguhkan. Pengguna tidak bisa mengirim pesan, telepon, atau aktivitas apa pun saat blokir sementara. 

Penyebab blokir sebenarnya ada bermacam-macam tidak hanya karena spam saja. Beberapa di antaranya penyebab diblokir WhatsApp sebagai berikut, sebagaimana dikutip dari Times of India, Selasa (1/10/2024).

 

1. Dilaporkan dan Diblokir Banyak Pengguna

Jika akun Anda dilaporkan dan diblokir banyak pengguna di WhatsApp, kemungkinan WhatsApp akan melarang Anda menggunakan platform perpesanan ini.

 

2. Penggunaan List Broadcast Berlebihan

Jika ingin mengirim 1000-an pesan dalam sehari menggunakan list broadcast, terutama kepada orang yang belum menambahkan Anda di kontaknya, orang-orang tersebut mungkin melaporkan Anda sebagai spam

 

3. Menyebarkan Informasi Salah

Jika menyalahgunakan platform untuk menyebarkan informasi palsu, akun dapat diblokir. Menurut pernyataan resmi WhatsApp, mereka tidak mengizinkan kebohongan, pernyataan keliru, atau menyesatkan di aplikasinya.

 

4. Menggunakan WhatsApp versi Crack

Menggunakan WhatsApp versi modifikasi seperti GB WhatsApp juga berpotensi diblokir. Sebaiknya hindari menggunakan aplikasi crack. 

Nah jika melihat pesan 'Akun ini tidak diizinkan menggunakan aplikasi' berikut ini beberapa panduan yang mungkin dapat membantu.

 

Cara Memulihkan WhatsApp yang Kena Spam

Ada beberapa metode untuk menangani WhatsApp yang diblokir. Sebagai pengguna, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini: 

 

Instal Ulang WhatsApp

Hapus akun WhatsApp, kemudian unduh ulang aplikasi dari app store. Daftarkan ulang nomor Anda di WhatsApp menggunakan kode keamanan enam digit. 

 

Cara ini tidak selalu berhasil. Jika akun tetap diblokir, Anda bisa mencoba lagi setelah 30 hari. 

 

Minta Review WhatsApp

Anda bisa mengajukan keberatan kepada WhatsApp dengan memintanya me-review. Untuk permitaan review, caranya pun sangat mudah:

 

Buka WhatsApp

1. Masukkan nomor yang diblokir dan tap Next

2. Tekan support dan masukkan kode verifikasi enam digit

3. Sekarang, isi pengajuan review

4. Upload informasi pendukung jika perlu

Itu tadi cara memulihkan akun WhatsApp yang kena spam. Semoga bermanfaat. (Arni Sulistiyowati) 

Topik Menarik