Perjalanan Karier Taeil, yang Didepak dari SM Entertainment karena Skandal Kejahatan Seksual

Perjalanan Karier Taeil, yang Didepak dari SM Entertainment karena Skandal Kejahatan Seksual

Seleb | okezone | Kamis, 29 Agustus 2024 - 16:08
share

SEOUL - Nama salah satu member NCT, Moon Taeil tengah menjadi perbincangan publik setelah melakukan pelecehan seksual. Atas kejadian tersebut, Taeil mendapatkan tindak pidana.

Kabar tersebut dibenarkan oleh agensinya, SM Entertainment. Dalam pengumuman resmi itu, SM Entertainment mengonfirmasi kasus Taeil dan memutuskan bahwa Taeil tidak dapat melanjutkan aktivitasnya di NCT.

Sejak saat itu sosok Teil jadi sorotan. Nah kali ini Okezone akan merangkum perjalanan karier Taeil dari dulu hingga jadi artis besar.

Perjalanan Karier Taeil, yang Didepak dari SM Entertainment karena Skandal Kejahatan Seksual

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/8/2024), pemilik nama asli Moon Taeil Il itu sejak kecil tinggal bersama orang tuanya. Dia memiliki adik yang usianya lebih muda 3 tahun darinya. 

Taeil kecil ternyata tidak memiliki keinginan untuk menjadi artis besar loh. Dahulu dia memiliki cita-cita unik, yakni menjadi seorang penjaga kebun binatang. 

Namun keinginannya berubah setelah dia mendengar lagu-lagu Stevie Wonder. Sejak saat itu, cowok 30 tahun ini mulai tertarik terjun ke dunia tarik suara.

Akhirnya pada 2013 silam Taeil bergabung dengan SM Entertainment lewat program Youth Singing Contest. Disaat yang bersamaan, ia juga sudah diterima di Universitas Hanyang jurusan musik. Sempat melanjutkan kuliah, namun di tengah pendidikannya Taeil memilih tak menyelesaikan dan fokus bermusik.

Melihat bakatnya yang luar biasa, Taeil pun sempat terlibat dalam pembukaan konser SMTown Week 2013. Sejak saat itu dia dipilih menjadi trainee SM Entertainment pada 2015. Selang setahun, dia melakukan debut sebagai seorang idol lewat sub unit pertama NCT yaitu, NCT U pada April 2016. Tak lama kemudian, Taeil kembali debut dalam sub unit kedua NCT yaitu NCT 27.

Sejak debut Taeil telah terlibat dalam berbagai proyek bersama NCT 127 dengan merilis tujuh mini album, tiga album studio, dan dua album remake. Taeil juga terlibat dalam proyek kampanye Smile for U bersama sejumlah artis SM seperti Yesung, Sunny, Luna, Wendy, Seulgi, dan Doyoung lewat lagu Sound of Your Heart. 

Selain itu, Taeil juga merilis beberapa lagu untuk soundtrack drama bersama sejumlah member NCT misalnya Stay in My Life, Radio Romance, hingga New Dream.

 

Selama berkarier, Taeil berhasil menyabet beberapa penghargaan, seperti mendapat rekor dunia Guinness World Records untuk ‘waktu tercepat untuk mencapai 1 juta pengikut di Instagram’ ketika membuka akun Instagram pada 6 Juli 2021.

Sayangnya, di tengah puncak kariernya ini dia tersandung skandal pelecehan seksual. Karena kejadian itu, dia terpaksa didepak dari NCT.

Sebelum kejadian itu, Taeil sempat memutuskan hiatus karena  terlibat kasus kecelakaan ketika mengendarai sepeda motornya pada Agustus 2023 dini hari. Lama tak ada kabar, penggemar dikejutkan dengan berita pemecatannya dari NCT, hal itu tentu saja membuat banyak penggemarnya kaget. 

Topik Menarik