Mengenal Alif Lam Syamsiah, Pengertian, Cara Membaca, dan Contohnya

Mengenal Alif Lam Syamsiah, Pengertian, Cara Membaca, dan Contohnya

Seleb | BuddyKu | Selasa, 3 Oktober 2023 - 21:22
share

JAKARTA, iNews.id - Alif lam syamsiah pengertian, cara membaca dan contohnya merupakan pembahasan penting dalam Ilmu tajwid. Lalu, apa itu alif lam syamsiah?

Ada 2 alif lam dalam ilmu tajwid, yakni alif lam qomariyah dan alif lam syamsiah. Alif Lam biasanya di letakkan di awal kata tulisan arab untuk menunjukkan bahwa kata tersebut adalah kata benda (isim).

Alif Lam Syamsiah

Dilansir dari buku Quran Hadis MI Kelas 2 Kemenag, alif lam syamsiah adalah apabila ada alif lam bertemu dengan huruf syamsiah yang berjumlah 14.

Alif Lam Syamsiah juga sering disebut dengan istilah Idgham Syamsiah yaitu bagian dari hukum Alif Lam Tarif yang berlaku ketika ada huruf Alif-Lam ( ) ketemu dengan satu dari 14 (empat belas) huruf hijaiyah.

14 huruf alif lam syamsiah

Ta (), Tsa (), Dal (), Dzal (), Ra (), Zai (), Sin () Syin (), Shad (), Dhad (), Tha (), Dho (), Lam (), dan Nun ()

Ciri-ciri Alif Lam Syamsiah tersebut berada dalam Tanda Tasydid yang terletak di atas huruf Syamsiah, yaitu tanda tasydid yang diberikan sebab terjadinya suatu hukum pertemuan antara huruf hijaiyah Alif-Lam dan Huruf Syamsiah.

Pengertian Alif Lam Syamsiah

Syamsiyah artinya matahari. Alif lam () diibaratkan seperti bintang dan 14 huruf di atas seperti matahari. Sehingga jika ada matahari maka bintang tidak akan terlihat karena itu jika 14 huruf tersebut bertemu alif lam () maka lam-nya tidak dibaca.

Cara Membaca Alif Lam Syamsiah

Cara membaca alif lam () syamsiah adalah dengan di-idgam (masuk/syiddah)-kan yaitu huruf lamnya tidak dibaca atau langsung dilewatu dan membaca huruf setelahnya dan di atas huruf tersebut diberi tasydid. Karena itu alif lam () ini juga disebut Idgham Syamsiyah.

Ada 4 hal yang harus sangat diperhatikan dalam hukum Alif Lam Syamsiah pada saat membaca Al Quran, Hukum yaitu :

1. Bila terletak pada awal ayat atau sering disebut dengan istilah Ibtida [memulai lagi bacaan sesudah waqaf / berhenti), maka cara membacanya adalah huruf Alif dibaca seperti huruf yang berharakat Fathah. Sementara itu, untuk huruf Lam tak dibaca [seperti tidak ada, sebab sudah melebur ke huruf Syamsiah atau dibaca dengan idgham. Cara membaca seperti ini tetaplah berlaku meskipun di atas huruf Syamsiah tersebut tidak terdapat tanda tasydidnya.

Contoh :

Dibaca Arrahmaanirrakhiimi bukan al rahmaanil rakhiimi.

2. Bila Alif Lam Syamsiah terletak di tengah ayat Alquran (washal/berhenti di tengah ayat Al Quran), maka huruf Alif-Lam tidak dibaca / seperti dianggap tidak ada. Jadi huruf sebelum alif Lam langsung dileburkan ke dalam huruf Syamsiah.

Contoh:

Maaliki yaumiddiini. Bukan dibaca maaliki yaumildiini. karena al nya melebur

Tasydid yang berada di seluruh huruf Syamsiah, cara membaca panjangnya yaitu 2 harokat atau 1 Alif, kecuali pada huruf hijaiyah Nun[], maka panjang bacaannya adalah sama seperti pada Hukum Ghunnah Musyaddadah, yaitu sekitar 2-3 harakat atau 1 1/2 Alif. Dan yang perlu diperhatikan -ketika kita mewashal- apakah dalam kalimat tersebut terdapat Waqaf Mamnu disampingnya ataukah tidak. Apabila tidak terdapat Waqaf Mamnu, maka sebaiknya hindarilah untuk mewashal.

3. Cara membaca Alif Lam Syamsiah selanjutnya, bila ingin mewashalkan ayat Al Quran [menyambungkan antara ayat Al Quran yang satu ke ayat Al Quran berikutnya); yaitu huruf Alif-Lam tak dibaca [dianggap tidak ada], dan langsung masuk ke dalam huruf Syamsiah.

4. Hal yang harus diperhatikan ketika membaca huruf Alif Lam Syamsiah yang paling akhir yaitu keitka Lam-Alif ( ) ketemu dengan Tanwin (bisa berupa Kasrahtain, Fathatain ataupun Dhammatain).

Cara membaca pada kasus ini adalah sama dengan cara membaca hukum Alif Lam Qamariah, yaitu menggantikan tanda tanwin tersebut menjadi harakat biasa (apabila fathatain diubah menjadi harakat fathah, bila kasrahtain diubah jadi harakat kasrah, dan bila dhammatain diubah jadi harakat dhammah), sementara itu untuk Hamzah Washal, diganti jadi suara huruf Nun dengan harakat Kasrah, atau dibaca NI.

Kemudian, untuk Nun Wiqayah atau huruf Nun Kecil yang berada di bawah Hamzah Washal tersebut langsung diidghamkan atau dileburkan ke dalam huruf Syamsiah.

Contoh Alif Lam Syamsiah

1. Surat Al Fatihah ayat 2

Cara membacanya: Ar-ramnir-ram(i).

2. Surat Al Fatihah Ayat 4

Cara membacanya: Mliki yaumid-dn(i).

3. Surat Al Fatihah ayat 6

Cara membacanya: Ihdina-iral-mustaqm(a).

4. Surat At Tariq ayat 1

Cara membacanya: Was-sam\'i wa-riq(i).

5. Surat At Tariq ayat 3

Cara membacanya: An-najmu-qib(u).

6. Surat Atk Takwir ayat 1

Cara membacanya: Iasy-syamsu kuwwirat.

7. Surat Al Insyiqaq ayat 1

Cara membacanya: Ias-sam\'unsyaqqat.

8. Surat At Tin ayat 1

Cara membacanya: Wat-tni waz-zaitn(i).

9. Surat Ad Duha ayat 1


Cara membacanya: Wa-u.

10. Surat An nas ayat 1

Cara membacanya: Qul au birabbin-ns(i).

Itulah ulasan mengenal alif lam syamsiah, penngertian, cara membaca dan contohnya dalam ilmu tajwid agar bisa membaca alquran dengan benar dan tartil.

Topik Menarik