Geger Peretasan Bjorka, Hilmy Muhammad: Pemerintah Harus Tingkatkan Keamanan Informasi

Geger Peretasan Bjorka, Hilmy Muhammad: Pemerintah Harus Tingkatkan Keamanan Informasi

Seleb | BuddyKu | Jum'at, 16 September 2022 - 19:35
share

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal DIY Hilmy Muhammad berharap pemerintah memperbaiki sistem keamanan informasi agar kasus pembobolan data negara tidak terulang. Menyusul gegernya peretasan oleh akun yang mengatasnamakan Bjorka.

Pemerintah harus memperbaiki sistem informasi agar tidak terjadi lagi kasus pembobolan data negara. Seperti KTP bisa digunakan untuk keperluan apapun, kata anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal DIY, Hilmy Muhammad saat sosialisasi empat pilar kebangsaan di Kampus STAI Yogyakarta di Wonosari, Gunungkidul, Jumat (16/09/2022).

Sepekan belakangan, jagat maya dihebohkan dengan kemunculan aksi hacker yang diduga membocorkan sejumlah data pejabat publik, termasuk surat-surat penting negara. Bahkan, hacker dengan nama akun Bjorka itu juga menyerang Menteri Kominfo, Johnny G Plate.

Menurut Hilmy, peretasan ini menunjukkan pemerintah masih lemah dalam hal teknologi informasi. Serangan tersebut harus dijadikan koreksi oleh pemerintah soal pengelolaan data.

Malu lah. Kita dibuat bingung mulai dari Menkopolkam, Badan Sandi Negara, Menkominfo, dan sampai hari ini belum diketahui siapa pelakunya, katanya.

Hilmy Muhammad mengatakan, kegagalan pemerintah dalam mengolah data masyarakat turut berdampak pada pemberian bantuan-bantuan sosial. Banyak banuan yang salah dan tidak tepat sasaran.

Hal ini harus segera diselesaikan agar sistem yang baik bisa dilegasikan kepada pemerintahan yang baru, harapnya.

Topik Menarik