Covid-19 Mulai Terkendali, Tenaga Ahli Utama KSP: Skema Paska Pandemi Semakin Dekat

Covid-19 Mulai Terkendali, Tenaga Ahli Utama KSP: Skema Paska Pandemi Semakin Dekat

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 13 Mei 2022 - 14:42
share

JAKARTA, celebrities.id - Skema pasca pandemi semakin dekat. Hal itu diungkap Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Abraham Wirotomo.

Sejak 24 Maret hingga 12 Mei atau selama delapan minggu, angka Reproduction Rate konsisten di angka 1. Ini artinya selama 8 minggu, pandemi Covid-19 sudah terkendali, dan skema pandemi berakhir semakin dekat," kata Abraham Wirotomo, Jumat (13/5/2022).

Meski demikian, kata Abraham, pemerintah masih menerapkan kebijakan PPKM, dan terus memonitor angka kasus hingga beberapa minggu ke depan, untuk memastikan apakah ada lonjakan kasus.

"Ini dilakukan karena kita baru saja merayakan lebaran dengan jumlah pemudik yang luar biasa besar," ucap Abraham.

"Indikator epidemiologi dan masukan para pakar selalu menjadi bagian dalam pengambilan kebijakan," tuturnya.

Abraham kembali mengingatkan masyarakat, untuk tidak tergesa-gesa mengendorkan protokol kesehatan, sembari menunggu hasil evaluasi penanganan Covid-19 pasca mudik lebaran.

"Prokes jangan sampai kendor. Jangan sampai masa kelam pandemi terulang. Kalau bisa kita sama-sama akhiri pandemi di tahun ini, dan fokus pada pemulihan ekonomi," katanya.

Abraham juga menegaskan, meski pandemi nanti akan berakhir, bukan berarti Covid-19 hilang. Berakhirnya pandemi, tutur dia, menunjukkan laju penularan benar-benar sudah terkendali, sehingga pemerintah tidak perlu lagi memberlakukan kegiatan masyarakat dalam skala besar.

Dirinya pun optimis, bahwa prospek penanganan Covid-19 ke depan semakin baik.

"Apalagi dari hasil monitoring lapangan KSP menunjukan, masyarakat semakin paham gejala Covid-19 dan harus berbuat apa jika bergejala," ucap Abraham.

Topik Menarik