Penyanyi Jaz Rasakan Kesamaan Tradisi Idul Fitri di Indonesia dan Brunei Darussalam

Penyanyi Jaz Rasakan Kesamaan Tradisi Idul Fitri di Indonesia dan Brunei Darussalam

Seleb | celebrities.id | Senin, 9 Mei 2022 - 18:40
share

JAKARTA, celebrities.id - Setelah satu bulan menjalani ibadah puasa Ramadhan, umat muslim Indonesia merayakan hari raya Idul Fitri. Begitupun, penyanyi asal Brunei Darussalam, Jaz yang diketahui sangat menikmati idul Fitri di Jakarta.

Sepertinya rumpun melayu itu menanggapi bulan Ramadhan dan Idul Fitri dengan sangat serius lho, menyeluruh disegala kalangan, kata Jaz dalam keteranganya, dikutip Senin (9/5/2022).

Pelantun lagu Dari Mata yang viral di Indonesia ini menceritakan bahwa masyarakat Brunei Darussalam dan Indonesia mempunyai kesamaan antusiasme yang begitu kuat dalam menyambut datangnya Ramadhan dan saat merayakan hari kemenangan, raya Idul Fitri.

Ada beberapa kebiasaan mirip sih dari yang aku lihat saat di Brunei dan Indonesia, misalnya tradisi beli baju baru, tradisi balik kampong, berziarah dan Halal bihalal. Bahkan kalo di Brunei ada yang open house untuk halal bihalal sampai satu bulan penuh, ucapnya.

Dia menuturkan, memang ada beberapa tradisi khas Ramadhan di Indonesia yang masih dia ingin saksikan.

"seperti Grebeg Syawal di Yogyakarta atau Bakar Lemang Bambu di Sumatera, katanya.

 

Jaz pun menilai, sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, perayaan hari raya Idul Fitri di Tanah Air terasa sangat meriah.

Yang benar-benar membuat perayaan Idul Fitri di sini begitu menyenangkan adalah menyaksikan sendiri jutaan orang secara bersamaan merayakannya. Hal ini membuat citarasa Ramadhan dan Hari Raya menjadi sangat terasa, ujarnya.

Kebayang dong kalo di Jakarta aja lebih dari 8 juta muslim yang menjalankan ibadah puasa dan 230 jutaan orang di Indonesia yang merayakan Lebaran. Benar-benar massive Lebaran di sini. Makin senang lagi bisa liat anak-anak main petasan, udah bisa liat bedug ditabuh lagi diberbagai tempat. Semoga keadaan yang makin membaik ini enggak lantas disusul oleh urusan cluster Covid-19 lagi yaa, tuturnya.

Topik Menarik