Sophia Latjuba Ngaku Pernah Tak Naik Kelas, Gegara Tak Bisa Bahasa Indonesia

Sophia Latjuba Ngaku Pernah Tak Naik Kelas, Gegara Tak Bisa Bahasa Indonesia

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 30 April 2022 - 10:43
share

JAKARTA, celebrities.id - Sophia Latjuba memiliki kisah tak terlupakan ketika masih mengenyam bangku sekolah. Perempuan berdarah Jerman itu tak segan mengakui pernah tidak naik kelas.

Melalui perbincangan dengan Pandji Pragiwaksono, Sophia menjelaskan ada satu mata pelajaran yang membuatnya mengalami hal tersebut. Bukan matematika, melainkan Bahasa Indonesia.

Ya, kala itu Sophia baru saja pindah ke Indonesia sehingga cukup menemui kesulitan.

"Matematika gue berapa? Sembilan. Karena gue nggak bisa bahasa, Bahasa Indonesia gue lima. Nggak dinaikin loh," kata Sophia Latjuba, dikutip dari YouTube Pita Kuning, Sabtu (30/4/2022).

Menurut Sophia, di sekolahnya ada kebijakan yang menyatakan jika tak lulus di beberapa mata pelajaran tertentu, siswa bersangkutan tak bisa naik kelas.

"Dulu kan kalau PMP merah, Bahasa Indonesia merah, agama merah, nggak naik," kata Ibunda Eva Celia Lesmana itu.

Sophia tampaknya agak sedikit kecewa dengan kebijakan di sekolahnya dulu. Tapi mau tidak mau, Sophia tetap mengikuti aturan yang berlaku.

"Gue seorang anak yang selalu ingin jadi terbaik. Sedangkan ini adalah anak yang tidak bisa Bahasa Indonesia," tutur Sophia Latjuba.

"Matematika gue bagus, sains gue bagus, bahasa gue juga bisa belajar. Satu tahun lagi pasti gue bisa Bahasa Indonesia," katanya.

Adapun kebijakan terkait beberapa mata pelajaran yang bisa membuat tak naik kelas diakui Sophia sempat membuatnya enggan pergi sekolah.

"Habis itu, aku nggak suka pergi ke sekolah lagi," katanya.

Topik Menarik