Libur Long Weekend Maulid Nabi Muhammad SAW, KAI Daop 5 Purwokerto Tambah Kereta

Libur Long Weekend Maulid Nabi Muhammad SAW, KAI Daop 5 Purwokerto Tambah Kereta

Ekonomi | purwokerto.inews.id | Kamis, 12 September 2024 - 18:10
share

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Untuk mengakomodir tingginya antusiasme masyarakat yang ingin menikmati liburan long weekend Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. KAI Daop 5 Purwokerto akan menambah formasi rangkaian sejumlah Kereta Api keberangkatan awal dari wilayah Daop 5 Purwokerto. 

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih mengatakan, hingga berita ini diturunkan, berdasarkan data sebanyak 33.000 pelanggan akan berangkat dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto pada periode long weekend 13-17 September 2024. Angka tersebut masih akan terus bertambah selama penjualan tiket berlangsung hingga jelang keberangkatan Kereta Api.

"Sementara untuk penumpang Kereta Api yang tiba stasiun-stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto pada periode yang sama tercatat sebanyak 33.200 pelanggan," kata Feni dalam keterangannya, Kamis (12/9/2024).

Feni juga menjelaskan jika untuk 3 Stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto dengan volume pelanggan berangkat terbanyak periode long weekend 13-17 September 2024 nanti diantaranya adalah Stasiun Purwokerto yang melayani total sebanyak 11.798 pelanggan. Kemudian disusul Stasiun Kutoarjo yang melayani sebanyak 5.446 pelanggan, dan Stasiun Kroya yang melayani sebanyak 3.542 pelanggan. 

"Tentu angka ini juga masih akan terus bertambah mengingat penjualan tiket masih berlangsung hingga jelang keberangkatan Kereta Api," ucapnya.

Adapun penambahan formasi kereta api pada periode libur panjang akhir momen Maulid Nabi SAW, terdapat pada rangkaian Kereta Api berikut:

1. Kereta Api Sawunggalih (KA 147) relasi keberangkatan awal Stasiun Kutoarjo pukul 07.00 WIB melalui Purwokerto tujuan Pasar Senen yang menambah satu kereta api kelas ekonomi premium dengan kapasitas 80 tempat duduk pada periode keberangkatan 13, 14, 15 September 2024. Di mana rangkaian Kereta Api ini semula membawa dua kereta kelas eksekutif dan enam kereta kelas ekonomi premium, menjadi dua kereta kelas eksekutif dan tujuh kereta kelas ekonomi premium.

 

2. Kereta Api Sawunggalih (KA 147) relasi keberangkatan awal Stasiun Kutoarjo pukul 07.00 WIB melalui Purwokerto tujuan Pasar Senen dengan menambah dua kereta kelas ekonomi premium kapasitas 160 tempat duduk periode keberangkatan 16 - 17 September 2024. Di mana rangkaian semula membawa dua Kereta Api kelas eksekutif dan enam Kereta Api kelas ekonomi premium menjadi dua kereta kelas eksekutif dan delapan kereta kelas ekonomi premium.

3. Kereta Api Sawunggalih (KA 149) relasi keberangkatan awal Stasiun Kutoarjo pukul 18.50 WIB melalui Purwokerto tujuan Pasar Senen dengan menambah satu kereta kelas ekonomi premium kapasitas 80 tempat duduk pada periode keberangkatan 13 s.d 17 September 2024. Di mana rangkaian semula membawa dua kereta kelas eksekutif dan enam kereta kelas ekonomi premium menjadi dua kereta kelas eksekutif dan tujuh kereta api kelas ekonomi premium.

4. Kereta Api Purwojaya (KA 71) relasi keberangkatan awal Stasiun Cilacap-Purwokerto-Gambir menambah satu kereta api kelas eksekutif kapasitas 50 tempat duduk periode keberangkatan 13 s.d 17 September 2024. Di mana rangkaian semula membawa sembilan kereta api kelas eksekutif menjadi 10 kereta api kelas eksekutif.

Tempat duduk tambahan ini, lanjut Feni untuk mengakomodir antusiasme masyarakat dalam mempersiapkan liburan akhir pekan panjang Maulid Nabi SAW.

"Karena itu, kami mengimbau bagi pelanggan yang akan menuju Jakarta atau kota besar lainnya pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW di area Daop 5 Purwokerto dapat segera memanfaatkan penambahan ini,” pungkas Feni.

KAI Daop 5 Purwokerto juga mengimbau masyarakat agar dapat melakukan pemesanan tiket Kereta Api melalui aplikasi Access by KAI, laman kai.id, atau melalui saluran resmi pemesanan tiket Kereta Api yang telah bekerja sama dengan KAI.

Topik Menarik