Bagaimana Cara Agar DC Pinjol Setop Tagih Nasabah Galbay, Simak 4 Tips Ini

Bagaimana Cara Agar DC Pinjol Setop Tagih Nasabah Galbay, Simak 4 Tips Ini

Ekonomi | purwokerto.inews.id | Kamis, 4 Juli 2024 - 19:20
share

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Bagaimana cara agar DC pinjol setop tagih nasabah galbay. Empat tips berikut perlu diketahui masyarakat yang selalu dikejar-kejar debt collector.

Galbay pinjol merupakan singkatan dari gagal bayar pinjaman online yakni pada kondisi seseorang sudah tidak mampu lagi melunasi cicilan pinjamannya dari perusahaan penyedia pinjaman online (pinjol).

Banyak sekali masyarakat yang bingung setelah mengalami gagal bayar (galbay) ketika meminjam uang di pinjaman online (pinjol). Banyak dari masyarakat tersebut bahkan dikejar-kejar oleh debt collector (DC), mulai dari dihubungi berkali-kali hingga ditagih langsung ke rumahnya.

Kondisi ini membuat masyarakat semakin panik dan bingung memikirkan cara untuk bisa melunasi utang-utangnya.

Berikut ini adalah Cara agar DC pinjol setop tagih nasabah galbay seperti dikutip dari okezone, Kamis (4/7/2024):

Cara Agar DC Pinjol Setop Tagih Nasabah Galbay

1. Ganti Nomor Handphone

Debt collector biasanya menagih utang pinjol dengan cara menghubungi melalui sambungan telepon sesuai nomor handphone yang didaftarkan di aplikasi pinjol. Nasabah dapat mencoba untuk mengganti nomor handphone. 

 

2. Blokir nomor tidak dikenal

Penagihan utang pinjol pertama kali biasanya akan dilakukan melalui sambungan telepon. Untuk menghindari terjadinya spam call, nasabah dapat memblokir nomor tidak dikenal yang terus-terusan menghubungi. Dengan cara demikian, handphone akan secara otomatis menolak panggilan tersebut.

3. Tenang menghadapi debt collector

Debt collector pinjol biasanya akan menagih utang kepada nasabah dengan nada sedikit keras atau bahkan dengan paksaan. Jika nasabah berada pada situasi ini, dihimbau untuk tetap tenang dan beritahu kondisi keuangan nasabah secara jujur. Jika debt collector mulai melakukan tindak kekerasan, maka nasabah berhak untuk melaporkan kepada pihak berwajib.

4. Negosiasi dengan pinjol

Cara agar DC pinjol setop tagih nasabah galbay selanjutnya bisa dengan melakukan negosiasi ulang. Cara ini untuk membantu meringankan beban nasabah dengan pihak pinjol. Nasabah dapat menyampaikan kondisi keuangan yang sebenarnya dan melakukan negosiasi ulang terkait pengurangan jumlah atau perpanjangan tenor.

Perlu ditegaskan kembali kepada masyarakat untuk dapat bertanggung jawab atas pinjaman yang diambil dari pinjol. Nasabah juga wajib mengingat tanggal jatuh tempo dari setiap pinjaman dan jangan sengaja membiarkan pinjaman tersebut sampai galbay.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai cara agar DC pinjol setop tagih nasabah galbay. Semoga informasi ini dapat membantu para nasabah yang berada di posisi galbay.

Topik Menarik