Pasangan Zeinjo Unggul Lagi di Survei LSI, Pendukungnya Makin Optimistis

Pasangan Zeinjo Unggul Lagi di Survei LSI, Pendukungnya Makin Optimistis

Terkini | purwakarta.inews.id | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 19:00
share

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id- Para pendukung pasangan Saepul Bahri Binzein-Bang Ijo (Zeinjo) semakin optimistis jagoannya akan memenangi Pilkada Purwakarta. Terlebih, pada survei Lembaga Survei Indonesia Denny JA yang baru dirilis Zeinjo kembali unggul.  Pasangan ini jauh meninggalkan tiga pasangan calon lainnya.

Survei terbaru LSI menunjukkan  elektabilitas Zeinjo sebesar 54,5 persen, disusul Anne Ratna Mustika-Budi Hermawan 21,6 persen, Yadi Rosmayadi–Pipin Sopian 19,1 persen, dan Zainal Arifin–Sona Maulida 1,8 persen.

Survei yang dilakukan pada 8–12 Oktober 2024 ini menggunakan metodologi standar Multistage Random Sampling. Adapun jumlah respondennya sebanyak 440 orang, dengan  margin of error 4,8 persen.

Castono, pendukung Zeinjo dari Partai Gerindra menjelaskan, metode survei sudah memenuhi standar dan mekanisme keilmuan. Dengan demikian, gambaran hasil survei terakhir ini bisa dijadikan acuan hasil di bilik suara nanti.

“Melihat hasil survei, membuat kami sebagai relawan Zeinjo sangat merasa optimistis pasangan ini akan menang,” ujar Hacas, panggilan akrab Castono, Jumat (18/10/2024).

Namun begitu, imbuh dia, pihaknya tetap tidak boleh lengah membaca situasi dan konstelasi politik yang berkembang. Sebab masih ada waktu satu bulan lagi menuju hari H. 

 

“Perkembangan di lapangan sangat perlu diwaspadai sebab setiap paslon juga akan mulai mengeluarkan jurus-jurus jitunya untuk menaikan elektabilitasnya,” tandasnya. 

Menurut Hacas, isu-isu negatif atau bahkan hal-hal di luar nalar pasti akan dikeluarkan para paslon untuk meruntuhkan elektoral pesaingnya. 

“Paslon-paslon lain adalah pesaing yang harus tetap diwaspadai. Tidak mungkin mereka akan mencalonkan diri jika tidak mempunyai kekuatan untuk menang. Yang penting kami akan terus bekerja keras agar hasil survei ini tetap menjadi patokan, syukur-syukur makin naik lagi,” kata Hacas.

Sekadar informasi, LSI telah tiga kali melakukan survei untuk Pilkada Purwakarta, yakni pada Juni, September, dan Oktober 2024. Hasilnya, Zeinjo selalu unggul dibanding tiga paslon lainnya, termasuk petahana Anne Ratna Mustika-Budi Hermawan.***

 
 

Topik Menarik