Meriahnya Pengajian Akbar di Desa Gondosuli Probolinggo Saat Peringatan Maulid dan Selamatan Desa

Meriahnya Pengajian Akbar di Desa Gondosuli Probolinggo Saat Peringatan Maulid dan Selamatan Desa

Terkini | probolinggo.inews.id | Sabtu, 28 September 2024 - 19:50
share

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, yang bersamaan dengan selamatan desa, di Desa Gondosuli, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, berlangsung meriah dengan menggelar pengajian akbar.

Kepala Desa Gondosuli Muhammad mengatakan, pengajian akbar itu merupakan agenda tahunan sebagai simbol selamatan desa.

"Namun di tahun ini kebetulan juga bertempatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, jadi acara kita jadikan satu, dengan mengundang majelis Syubbanul Muslimin," terangnya.

Menurutnya, pengajian akbar yang dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat Desa Gondosuli itu juga bermakna sebagai ritual keagamaan, agar penduduk desa Gondosuli terhindar dari mala petaka dan hal buruk yang tidak diinginkan.

Menanggapi kegiatan tersebut, PLT Camat Pakuniran, Hasan Zainuri mengaku bangga dengan Kades Gondosuli. Karena acara yang digelar pada jumat (27/9/2024) malam itu, berlangsung meriah.

"Karena kegiatan ini mampu menekan kegiatan atau aktivitas para pemuda yang mengarah pada hal negatif yang disinyalir menjadi awal mula terjadinya kericuhan," ucapnya.

Ditambah lagi acara tersebut juga mengundang Majelis Syubbanul Muslimin, yang ternyata membuat acara semakin meriah.

"Kami berharap, dengan digelarnya sholawat akbar ini, bisa menjadikan masyarakat desa disini menjadi warga yang agamis dan religius," imbuhnya.

Di lain sisi, Kh Hafidzul Hakiem Nur, sebagai kyai atau tokoh ulama juga berharap, dengan peringatan maulid nabi yang bersamaan dengan selamatan desa ini, masyarakat desa bisa menjadikan sosok Nabi Muhammad SAW, sebagai panutan.

"Dan sunnah Nabi Muhammad menjadi pegangan untuk semua rakyat Desa Gondosuli," tandasnya.

Topik Menarik