Warga Sukun Ponorogo Mulai Kesulitan Air Bersih, Harus Berjalan Kaki 1 Kilometer

Warga Sukun Ponorogo Mulai Kesulitan Air Bersih, Harus Berjalan Kaki 1 Kilometer

Terkini | ponorogo.inews.id | Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:30
share

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Warga Dusun Sukun, Desa Sidoarjo, Kecamatan Pulung, Ponorogo saat ini mulai alami kesulitan air bersih, seiring musim kemarau tiba. Mereka bergantian mengambil air disumur dengan kondisi air yang sangat terbatas, karena harus berbagi dengan warga lain.

Guna mendapat air, warga harus berjalan sejauh 1 kilometer ke dalam hutan untuk mengambil air dari sumber mata air yang ada.

Sulitnya air bersih sudah terjadi sejak selama 1 bulan terakhir. Kemudian untuk kebutuhan mandi dan kencuci, warga terpaksa memanfaatkan air keruh dari sungai irigasi sawah.

“Airnya sudah sedikit sekali, jadi harus gantian untuk mengambil air. Sudah ada satu bulan ini, air mulai susah didapat,” kata Katirah, warga Dusun Sukun.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Martin warga lainnya, jika hingga kini belum ada bantuan air bersih dari pemerintah maupun pihak lain yang jadi harapan warga.

“Belum ada bantuan air bersih, sampai hari ini. Ya harapannya semoga segara ada bantuan,” pungkas Martin, warga lainnya. 

Warga berharap ada bantuan irigasi dari pemerintah agar tidak lagi menggunakan air keruh dari sungai irigasi sawah yang berpotensi membahayakan kesehatan.

Topik Menarik