Kemensos Bantu Sembako dan Alat Acesbelitas, Nenek Lumpuh Nurjanah  di Pemalang 

Kemensos Bantu Sembako dan Alat Acesbelitas, Nenek Lumpuh Nurjanah  di Pemalang 

Terkini | pantura.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 11:30
share

 

PEMALANG - inews.pantura.id

Kamis (24/10/2024)

Kementerian Sosial RI (Kemensos RI) melalui Sentra Terpadu Kartini di Temanggung melakukan respons kasus kepada  Nurjanah (53 tahun) di Kabupaten Pemalang Kamis (24/10/2024).

Tim respon kasus yang terdiri dari pekerja sosial dan analis rehabilitasi melakukan asesmen dan fokus group discussion (FGD) bersama Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DINSOSPPPA) Kabupaten Pemalang, Puskesmas Kebondalem, dan pihak Kelurahan Kebondalem

Sebelumnya Nurjanah,  warga RT 06  RW 09 Desa Kebondalem, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jateng, dilaporkan setiap harinya hanya bisa berbaring karena menderita stroke sejak empat tahun lalu tapi tidak pernah memeriksakan kesehatan karena keterbatasan akses.

Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Dewi Suhartini mengatakan pihaknya segera melakukan asesmen untuk mengetahui kondisi Nurjanah , kebutuhan penanganan, dan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) yang dibutuhkan.

"Dari hasil asesmen kami baik yang melibatkan pihak puskesmas  setempat kondisi Ibu Nurjanah saat ini mampu duduk, aktifitas dibantu anaknya, kaki tangan tidak ada kelumpuhan, kami juga telah memeriksa ke spesialis saraf dan membawa untuk terapi fisik di RSUD M. Ashari kabupaten Pemalang," jelas Dewi.

Dewi juga menjelaskan bahwa Kemensos melalui Sentra Terpadu Kartini di Temanggung memberikan bantuan pemenuhan hidup layak berupa perlengkapan rumah seperti kasur, sprei, kompor dan juga kebutuhan pemenuhan nutrisi,  sembako, juga alat bantu toilet portable. 

"Kemensos juga akan memberikan   dukungan peningkatan kesejahteraan sosial berupa kewirausahaan apabila anaknya mendukung untuk menjalankan usahanya," imbuh Dewi.

Selanjutnya Kemensos berkomitmen akan memantau kondisi Nurjanah.

"Bersama OPD terkait, kami berkolaborasi memberikan bantuan, baik perawatan, sampai kebutuhan lainnya. 

Nenek Nurjanah mengaku sangat senang dan terharu menerima bantuan dari Kemensos. " Saya sangat berterima kasih atas bantuan dari Kemensos, " jelas ibu Nurjanah .

Topik Menarik