Penyebab Motor Tersendat-sendat, Perhatikan 7 Hal Ini Jangan Sampai Mogok di Jalan

Penyebab Motor Tersendat-sendat, Perhatikan 7 Hal Ini Jangan Sampai Mogok di Jalan

Otomotif | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 14:54
share

JAKARTA, iNews.id - Penyebab motor tersendat-sendat bisa terjadi karena berbagai faktor. Jika tidak segera tidak ditangani bukan tak mungkin motor Anda mogok.

Untuk itu, perlu diketahui penyebab motor tersendat-sendat agar tidak mengalami masalah di jalan atau kerusakan parah. Apa saja yang harus diperhatikan?

Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, berikut penyebab motor tersendat-sendat. 

Penyebab motor tersendat-sendat

1. Bahan bakar tidak sesuai

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar pabrikan bisa menyebabkan sistem pembakaran tidak sempurna di dalam mesin. Penumpukan karbon di ruang bakar dan klep membuat ruang bakar menjadi sempit dan mesin menjadi semakin panas. Akibatnya, timbul jelaga atau residu yang membuat motor tersendat-sendat.

2. Air tercampur dengan bahan bakar

Air yang tercampur dengan bahan bakar dapat mengganggu pembakaran di dalam mesin. Ini disebabkan banyak faktor, tangki bahan bakar bocor atau kurang rapat saat ditutup. Bisa juga bensin di SPBU terkontaminasi air karena terjadi kebocoran di tempat penyimpanan bahan bakar. Jika bensin terkontaminasi air segeralah kuras tangki bahan bakar motor Anda

3. Filter fuel pump kotor

Filter pompa atau fuel filter merupakan komponen penting dalam sistem bahan bakar kendaraan yang berfungsi menyaring kotoran dan partikel dalam bahan bakar. Jika filter pompa kotor, maka penyerapan bahan bakar tidak sempurna dan tekanan ke injektor menjadi tidak stabil. 

Filter pompa kotor dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti motor tersendat-sendat. Ini biasanya terasa putaran mesin terasa tidak normal saat idle dan mesin sulit dinyalakan.

Untuk merawat filter pompa, Anda dapat membersihkannya dengan bensin yang bersih, kemudian mengeringkannya. Pastikan tidak ada sumbatan kotoran pada elemen filter. 

4. Setelan karburator kurang tepat

Karburator berfungsi mencampurkan bahan bakar dan udara menuju mesin. Jika setelan karburator tidak tepat, campuran udara dan bahan bakar tidak lagi dalam rasio yang tepat. Putaran sekrup karburator yang berubah dapat memengaruhi posisi idle, sehingga motor bisa brebet atau cepat mati.

5. Busi kotor

Busi yang kotor dapat menyebabkan berbagai masalah pada mesin kendaraan, seperti Mesin sulit dinyalakan, Performa mesin menurun, Motor brebet. 

Busi kotor disebabkan beberapa hal, antara lain perbandingan bahan bakar dan udara tidak tepat, mesin belum mencapai suhu kerja tetapi motor sudah langsung dipacu, suhu ruang bakar terlalu panas, filter udara kotor, serta kondisi pengecasan aki bermasalah 

6. Filter udara kotor

Filter atau saringan udara pada sepeda motor adalah komponen yang bertugas menyaring udara sebelum masuk ke dalam ruang pembakaran mesin. Artinya, jika saringan udara kotor, maka suplai udara menuju ruang bakar akan terhambat, sehingga menyebabkan motor tersendat-sendat.

Selain itu, masih banyak lagi dampak negatif yang dapat terjadi apabila filter motor dibiarkan kotor. Perawatan berkala terhadap komponen filter udara sangat penting untuk dilakukan.

7. Setelan klep renggang

Klep atau bisa disebut valve adalah komponen atau bagian dari mesin motor yang bersifat dinamis terpasang di kepala silinder. Klep dibuat dari bahan keras dan mudah menghantarkan panas. 

Setelan klep yang terlalu renggang dapat menyebabkan berbagai masalah pada mesin, seperti suara mesin berisik, kinerja mesin tidak stabil, bahan bakar yang masuk berkurang, pembuangan gas tidak bersih, motor sulit dihidupkan, dan mesin tersendat-sendat di putaran tinggi. 

Celah klep terlalu renggang terjadi karena klep terlambat membuka dan cepat menutup. Ini menyebabkan pengisian udara ke dalam ruang bakar dan silinder kurang.

Itulah penyebab motor tersendat-sendat semoga artikel ini bermanfaat.

Topik Menarik