5 Mobil Kecil Terbaik di Indonesia Harga di Bawah Rp200 Juta, Selain LCGC Ada Kendaraan Listrik

5 Mobil Kecil Terbaik di Indonesia Harga di Bawah Rp200 Juta, Selain LCGC Ada Kendaraan Listrik

Otomotif | inews | Minggu, 13 Oktober 2024 - 15:53
share

JAKARTA, iNews.id - Manakah mobil kecil terbaik di Indonesia? Ya, mobil ukuran kecil menjadi pilihan banyak orang yang tinggal di perkotaan. 

Kendaraan ini dianggap lebih simpel dan nyaman untuk mobilitas harian karena bentuknya yang kompak memudahkan dalam bermanuver. Di samping itu, mobil ini lebih irit dan ramah lingkungan.

Ada beberapa model mobil kecil yang bisa menjadi pilihan mobilitas di perkotaan dengan harga di bawah Rp200 juta. Bahkan, ada yang sudah bertenaga baterai.

Dirangkum iNews.id, berikut lima mobil kecil terbaik di Indonesia.

Mobil Kecil Terbaik di Indonesia

1. Toyota Agya

Ini merupakan mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang bisa menjadi pilihan mobilitas harian di perkotaan. Harganya juga cukup terjangkau, yakni mulai Rp170 jutaan untuk keluaran 2024.

Selain ukurannya yang kompak, mobil ini juga memiliki keunggulan dari konsumsi bahan bakarnya yang sangat irit. Terlebih, saat ini Toyota menawarkan Agya dengan mesin 1.200 cc yang membuatnya lebih bertenaga.

2. Daihatsu Ayla

Mobil kecil berikutnya yang dapat menjadi pilihan adalah Ayla yang merupakan kembaran dari Agya. Hanya saja, Daihatsu Ayla memiliki pilihan varian yang lebih banyak.

Mobil hatchback satu ini di tawarkan dengan harga Rp136 juta untuk tipe 1.0L M MT, dan Rp190,9 juta untuk varian tertinggi. Selain itu, mobil ini juga sangat ramah kantong karena konsumsi bahan bakarnya sangat irit.

3. Honda Brio

Honda Brio masih menjadi mobil terlaris produsen asal Jepang itu di Indonesia. Harganya yang murah dipadukan dengan desainnya yang dinamis membuat banyak orang memilih mobil ini.

Brio sendiri masuk dalam segmen LCGC yang dibanderol mulai Rp167,9 juta untuk varian dasar Satya S M/T. Sementara mesinnya mengusung 1.2L i-VTEC 4 silinder.

4. Wuling Air ev

Mobil kecil terbaik di Indonesia lainnya datang dari segmen kendaraan liatrik. Ya, dia adalah Wuling Air ev. Mobil ini baru mendapat varian terbaru Air ev Lite Long Range.

Secara tampilan, tak ada yang berubah dari Wuling Air ev Lite Long Range. Berdesain kompak, mobil ini memiliki konfigurasi kursi 2+2.

Wuling Air ev Lite versi Long Range hadir dalam lima pilihan warna, yaitu putih, hijau, kuning, pink dan biru. Mobil ini dijual dengan harga Rp190 juta on the road (OTR) Jakarta.

Secara spesifikasi Wuling Air ev tipe tertinggi telah dilengkapi Wuling Remote Control App yang didukung teknologi Internet of Vehicle (IoV) dan fitur perintah suara Wuling Indonesian Command (WIND). Meski mungil, mobil ini juga menyematkan fitur Safety Protection mencakup dua airbags, ABS, EBD, ESC, EPB, AVH, ISOFIX, Sound Module for Pedestrian Warning, TPMS, Rear Parking Sensor and Camera, Immobilizer, dan Anti Theft Alarm. 

Untuk sumber tenaga, Air ev menggunakan Battery Lithium Ferro-phosphate (LFP) IP67 certified yang telah teruji dalam kondisi cuaca ekstrem untuk menjamin keamanan baterai dan konsumen saat berkendara. Air ev dijual mulai dari Rp179,1 juta untuk tipe Lite Standard Range OTR Jakarta.

Sejak meluncur pada Agustus 2022, dalam 2 tahun mobil listrik yang diproduksi di Indonesia ini telah membukukan penjualan (wholesales/pabrik ke dealer) sebanyak 15.285 unit. 

5. Seres E1 

Seres E1 menjadi salah satu pilihan mobil kecil terbaik dengan harga terjangkau. Mobil listrik ini bisa dimiliki dengan anggaran kurang dari Rp200 juta. Mobil ini berukuran kecil, ringkas, dan cocok untuk digunakan sehari-hari di lingkungan perkotaan.

Seres E1 menggunakan baterai Lithium Iron Phosphate yang memiliki sertifikasi keamanan IP67. Baterainya berkapasitas 13,8 kWh untuk standard range dan 16,8 kWh untuk long range, dengan waktu pengisian antara 3,5 hingga 4 jam menggunakan charger 3,3 kW AC. 

Mobil ini juga dilengkapi colokan Type 2 yang lebih universal, sehingga memudahkan dalam pengisian daya baterai. Seres E1 mampu melaju hingga jarak tempuh sekitar 180 Km hingga 220 Km

Seres E1 dapat menjadi alternatif bagi yang ingin mobil listrik atau sebagai opsi lain selain LCGC. Seres E1 ditawarkan dalam dua varian, yaitu B-Type (Standard Range) dan L-Type (Long Range) dengan harga mulai dari Rp189 juta on the road (OTR) Jakarta.

Topik Menarik