Honda Gandeng Peneliti Muda di Indonesia, Saring 1.771 Karya Siswa

Honda Gandeng Peneliti Muda di Indonesia, Saring 1.771 Karya Siswa

Otomotif | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 11:10
share

JAKARTA, iNews.id – Honda merangkul para peneliti muda Indonesia di tingkat sekolah. Para siswa berprestasi di Tanah Air ini menyuguhkan ide dan karya kreatif di ajang Astra Honda Motor Best Student (AHM Best Student) 2024. 

Diketahui, AHM Best Student merupakan ajang adu gagasan inovasi dan kreativitas remaja berprestasi dalam kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan. Sebuah karya yang mengembangkan produk makanan untuk mencegah stunting dinobatkan sebagai juara pertama pada ajang adu gagasan bagi siswa SMA sederajat ini.

Karya tersebut dipaparkan Ihsani Salsa Widri dari SMA Negeri 2 Payakumbuh, Sumatera Barat. Ihsani mengemas ide kreatifnya dalam inovasi produk mie berbahan dasar buah labu dan dikombinasikan dengan abon lele yang penuh dengan gizi serta tidak menggunakan bahan pengawet. 

Karya inovasi ini, selaras dengan program global Sustainable Development Goals (SDGs) terkait Zero Hunger. Dia ditetapkan sebagai siswa terbaik pada ajang lomba yang diselenggarakan PT AHM tersebut.

Selain Ihsani, AHM Best Student 2024 yang mengusung tema “Muda Berkarya Majukan Bangsa” ini menetapkan Habibi Saqli Azmy dari SMA Unggul CT Foundation, Sumatera Utara sebagai pemenang kedua dengan karya “EcoZap: Semir Serbaguna dari Limbah Dedaunan”. 

Peserta dari SMA Negeri 1 Purbolinggo, Lampung yakni Isfi Aliya Dzikra berhasil menjadi pemenang ketiga dengan karya “Pengolahan Mantan (Manukans Natural Desinfectant) yang bermanfaat bagi kesehatan hewan ternak.

“Saya berharap hasil karya saya ini dapat bermanfaat dan terus akan saya kembangkan untuk mendapatkan hasil yang kian maksimal” ujar Ihsani Salsa Widri sebagai pemenang AHM Best Stundet 2024.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan karya para peserta AHM Best Student ini memiliki kreativitas tinggi yang bisa menjadi embrio sebuah perbaikan dan perubahan yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan bangsa.

“AHM Best Student mengapresiasi karya-karya yang dibuat para remaja untuk menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat. Kami ingin menjadi bagian dari mereka yang menemani remaja dan generasi muda melahirkan inisiatif baru untuk sebuah perbaikan yang berkelanjutan,” ujar Muhib di Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Para pemenang ini mengalahkan 1.771 karya siswa SLTA dari 34 provinsi di seleksi regional yang kemudian berkompetisi dengan 26 finalis tingkat nasional. 

Melengkapi pengetahuan remaja berprestasi ini, AHM juga membekali mereka dengan edukasi keselamatan berkendara. Materi utama memprediksi potensi bahaya di jalan raya.

Remaja yang berusia rata-rata 17 tahun ini sangat antusias mengikuti sesi belajar berkendara virtual menggunakan Honda Riding Trainer. Mereka juga diberikan kesempatan melihat langsung proses produksi motor Honda di pabrik AHM, Cikarang, Jawa Barat.

AHM memberikan apresiasi satu unit New Honda BeAT dan beasiswa pendidikan kepada juara pertama. Beasiswa pendidikan juga diberkan kepada juara kedua dan ketiga. 

Topik Menarik