Teknologi Baru Berbasis AI, Bantu Sopir Kendarai Truk Tanpa Spion

Teknologi Baru Berbasis AI, Bantu Sopir Kendarai Truk Tanpa Spion

Otomotif | sindonews | Jum'at, 20 September 2024 - 07:17
share

Kendaraan niaga seperti truk tak luput dari sentuhan kecerdasan buatan (artificial intelligent/AI). Fiturnya sangat canggih hingga memudahkan pengendara dan diklaim mampu menghemat konsumsi BBM.

Perusahaan Gauzy Ltd. yang berbasis di Israel, telah meluncurkan generasi pertama sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS) berbasis AI yang dirancang khusus untuk truk komersial. ADAS untuk truk komersial, diintegrasikan ke sejumlah truk Ford untuk meningkatkan teknologi keamanannya.

Sistem ADAS menggunakan sistem monitor kamera Smart-Vision (CMS), yang meningkatkan keselamatan dan efisiensi armada sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar. Teknologi ini ditujukan untuk industri truk global, yang bernilai lebih dari USD2,2 triliun.

CMS Smart-Vision memungkinkan operator truk komersial memiliki visibilitas yang lebih tinggi terhadap jalan dari berbagai sudut pandang dengan menghilangkan titik buta. Hal ini juga diprogram untuk mengirimkan pemberitahuan waktu riil kepada pengemudi untuk memungkinkan membuat keputusan yang lebih cerdas dan aman.

Sistem ini terintegrasi dengan model truk komersial atau trailer, menggantikan cermin spion belakang, depan, dan samping dengan layar interior berkualitas tinggi dan kamera definisi tinggi yang dipasang di bagian luar truk komersial.

Baca Juga: Mengenal Fitur Keamanan ADAS yang Lagi Ngetren, Apa Gunanya?

Hal ini memberikan pengemudi pandangan lebih luas dan tidak terbatas terhadap lingkungan sekitar untuk manuver yang lebih mudah dan akurasi yang lebih tinggi saat mundur dan parkir. Sistem Smart-Vision Gauzy menawarkan fitur-fitur canggih yang belum pernah ada di pasaran, seperti kemampuan otomatis dan prediksinya.

Layar sistem menunjukkan garis manuver adaptif. Pada saat yang sama, truk komersial bergerak selama kalibrasi trailer sehingga pengemudi dapat melihat ruang yang tersisa antara trailer dan rintangan. Fitur ini membantu mengatasi kendala persepsi kedalaman yang secara inheren membatasi cermin.

Selain itu, sistem ini dilengkapi fitur untuk melindungi pengguna jalan yang rentan dengan mendeteksi secara akurat berbagai penghalang jalan, seperti pejalan kaki atau pesepeda di jalan.

Hasilnya, sistem canggih ini terbukti mengurangi kecelakaan, membuat jalan raya lebih aman di seluruh dunia, meningkatkan kinerja armada dengan prosedur otomatis, dan mengurangi jumlah karbondioksida yang dipancarkan.

Tidak seperti ADAS lain yang tersedia, Gauzy menjadi yang pertama menawarkan fungsionalitas panning mundur saat truk komersial sedang mundur.

Baca Juga: Hino Ubah Tiga Nama Truk Jagoannya

Terlebih lagi, opsi panning ekstra tersedia untuk memberikan pengemudi garis pandang langsung di belakang kendaraan saat berbelok, yang menghilangkan titik buta dan menawarkan solusi sumber utama kecelakaan dalam industri truk.

Ketika pengemudi menggeser ke gigi mundur, mode manuver CMS diaktifkan, memberi sinyal untuk kamera dengan kemampuan zoom untuk ditampilkan pada salah satu layar interior. Kamera menunjukkan kepada pengemudi dengan tepat di mana trailer diposisikan dan di mana trailer berakhir.

Fitur-fitur ini mengarah pada manuver yang lebih mudah, bebas stres, lebih cepat, dan memberikan ketenangan pikiran tambahan bagi pengemudi.

Selain itu, ADAS Gauzy dilengkapi dengan teknologi deteksi tabrakan dan sistem informasi titik buta. Sistem ini diprogram untuk mengirimkan peringatan audio dan visual kepada pengemudi tentang potensi bahaya – yaitu, kendaraan lain, pejalan kaki, pesepeda, benda, atau rintangan – tepat di depan mereka, di sisi mereka, atau di titik buta.

CMS Smart-Vision pun membantu menyelesaikan salah satu titik paling berbahaya terkait dengan operasional truk : visibilitas terbatas yang dimiliki pengemudi tentang apa yang terjadi di sekitar mereka, terutama saat berbelok atau beroperasi dalam keadaan mundur.

Mode pengawasan sebagai pembeda lain dari CMS Smart-Vision Gauzy. Hal ini memungkinkan operator truk memantau kendaraan dari jarak jauh, memberikan langkah keamanan tambahan.

Sistem dapat merekam aktivitas mencurigakan dan mengirimkan pemberitahuan langsung ke perangkat seluler pengemudi kapan saja kamera menggambarkan gerakan di sekitar kendaraan, membantu mengurangi risiko pencurian dan vandalisme.

Fitur ini membuat pengemudi merasa lebih nyaman menghabiskan waktu jauh dari kendaraan mereka, terutama saat mengangkut barang berharga dan mahal melintasi kota, negara bagian, dan negara.

Topik Menarik