Repsol Resmi Tinggalkan Honda Mulai Tahun Depan

Repsol Resmi Tinggalkan Honda Mulai Tahun Depan

Otomotif | sindonews | Senin, 9 September 2024 - 10:04
share

Perusahaan oli raksasa Spanyol Repsol tidak akan lagi mensponsori tim Honda di MotoGP mulai musim depan,usai menjalin kerja sama selama tiga dekade.

Repsol mulai mensponsori Honda ketika mereka memasuki balapan Grand Prix pada tahun 1995 dan sejak itu meraih kesuksesan besar dengan beberapa gelar konstruktor dan kejuaraan pembalap bersama pembalap hebat seperti Mick Doohan, Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Dengan Repsol sebagai sponsor utama, Honda meraih 15 kejuaraan dunia kelas premier, 10 kejuaraan beregu kelas premier, 183 kemenangan kelas premier dan 455 podium kelas premier.

Setelah 30 tahun berkolaborasi di level tertinggi balap motor, Honda Racing Corporation (HRC) dan Repsol akan berpisah pada akhir kejuaraan dunia MotoGP 2024, kata Honda dalam pernyataannya seperti dilansir dari The Start, Senin (9/9/2024).

Honda HRC dan Repsol menikmati kemitraan yang identik dengan kesuksesan di level tertinggi.

Di luar sponsorship, ini telah menjadi kolaborasi nyata antara kedua perusahaan, berupaya untuk terus menjadi referensi dalam sepeda motor Grand Prix.

Honda sedang kesulitan setelah Marquez memenangi gelar terakhir dari enam gelar MotoGP pada 2019, dengan pembalap Spanyol itu absen sepanjang musim 2020 menyusul kecelakaan di balapan pembuka.

Tim tersebut segera tertinggal dari pabrikan Italia Ducati dan Aprilia, dengan Marquez juga meninggalkan tim pada akhir musim 2023 ketika ia beralih ke Gresini Racing -- yang menggunakan mesin Ducati.

Kepergian Marquez juga membuat Red Bull memutuskan hubungan dengan Honda, yang belum pernah finis 10 besar di MotoGP musim ini dari Joan Mir atau Luca Marini.

Topik Menarik