Fortuner Terbaru Belum Pakai Sunroof, Ini Pertimbangan Toyota

Fortuner Terbaru Belum Pakai Sunroof, Ini Pertimbangan Toyota

Otomotif | inews | Senin, 9 September 2024 - 09:52
share

JAKARTA, iNews.id - PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah meluncurkan Fortuner terbaru dengan sejumlah penyegaran mulai dari eksterior, interior hingga fitur. Namun, salah satu SUV terlaris di Indonesia ini masih belum dibekali sunroof.

Ini menjadi pertanyaan sejumlah penggemar otomotif di Indonesia. Hal tersebut mengingat sejumlah rival di kelasnya sudah membekali fitur sunroof.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy menjelaskan alasan pihaknya belum melengkapi Fortuner baru dengan sunroof. Menurutnya, konsumen sejauh ini belum membutuhkan fitur tersebut.

"Ya, ini melihat desain mobil Toyota Fortuner dan juga prioritas dari improvement memang dari sisi penggunaan konsumen meminta tiga hal, dari sisi desain disegarkan, kedua fitur-fitur, seperti TSS kemudian tenaga mesin masih cukup tambah yang tadi 4x4," ujar Anton saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (6/9/2024).

Anton menjelaskan Toyota melihat nilai dari fitur tersebut pada sebuah kendaraan di Indonesia. Itu sebabnya Fortuner baru belum dilengkapi sunroof atau panoramic roof.

"Kita harus menimbang total value dan juga strategi dari line up kita. Jadi kalau kita tanya konsumen, tiga hal barusan yang jadi prioritas. Jadi bukannya kita mau atau tidak mau, tapi mana yang menjadi prioritas," katanya.

Toyota Fortuner baru hadir dalam dua pilihan penggerak, yakni 4x2 dan 4x4. Masing-masing memiliki varian mesin berbeda dan trim yang beragam, termasuk GR Sport.

Secara tampilan, seluruh varian mendapat ubahan di bagian bumper depan-belakang, grill dan pelek. Namun, khusus untuk varian 4x4 mendapat pembaruan di bagian lampu dengan desain lapis tiga, sequential rear turn signal dan kaliper rem baru.

Soal harga, Toyota Fortuner baru dijual mulai Rp614 juta untuk tipe SRZ 2.7 4x2 hingga Rp663,2 juta untuk tipe 2.8 VRZ TSSw/ GT Parts Aeropackage. Sementara tipe 4x4 dibanderol Rp742,8 juta hingga Rp761,7 juta on the road Jakarta.

Topik Menarik