Tak Ada Insentif, Hyundai Tetap Pede Jual Mobil Hybrid

Tak Ada Insentif, Hyundai Tetap Pede Jual Mobil Hybrid

Otomotif | inews | Minggu, 8 September 2024 - 08:11
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah memastikan tak akan ada insentif bagi mobil hybrid (Hybrid Elecetric Vehicle/HEV) pada tahun ini. Padahal, kendaraan tersebut lebih efisien dan ramah lingkungan dibanding mobil konvensional.

Kendati demikian, Hyundai tetap optimistis dengan rencananya menjual mobil hybrid. Produsen asal Korea Selatan itu yakin (pede) akan mendapat respons positif dari konsumen.

"Kita sampaikan, kita ingin mematuhi aturan pemerintah yang ada. Jadi kalau mereka mengatakan ada insentif atau nggak ada, kita akan follow aturannya," ujar Chief Operating Officer PT HMID, Fransiscus Soerjopranoto di Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Frans mengatakan Hyundai akan mengeluarkan setidaknya tiga model baru di Indonesia, salah satunya hybrid. Namun, belum diketahui model apa yang akan dihadirkan, meski Santa Fe Hybrid menjadi nama yang paling kuat.

"Kita udah state, bahwa kita akan segera meluncurkan produk baru yang menggunakan teknologi hybrid. Setiap menghadirkan produk, kita memang melakukan studi terlebih dahulu. Kalau market hybridnya naik, ya why not kita juga bermain di segmen tersebut," ujarnya.

"Yang lebih penting untuk dilihat adalah konsumen kita, apakah mereka mau beli produknya atau tidak. Itu yang kita studi," kata Frans.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan usulan inestif tidak terlaksana karena skema yang ada saat ini sudah cukup baik bagi mobil hybrid. Itu diperlihatkan dengan angka penjualan yang terus meningkat meski tak diberikan insentif.

Pada semester I 2024, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan wholesales atau pengiriman dari pabrik ke deler untuk mobil hybrid sebanyak 25.807 unit. Sedangkan angka wholesales mobil listrik sebanyak 11.983 unit.

Topik Menarik