10 PO Bus Paling Populer di Indonesia, Ada yang Eksis sejak Zaman Kolonial

10 PO Bus Paling Populer di Indonesia, Ada yang Eksis sejak Zaman Kolonial

Otomotif | inews | Rabu, 4 September 2024 - 19:39
share

JAKARTA, iNews.id - Berdasarkan data Electronic Registration Identification (ERI) Korlantas Polri terdapat 212.818 unit bus yang terdaftar dan beroperasi di Indonesia pada 2023. Provinsi Jawa Tengah menjadi yang paling banyak dengan 33.893 unit bus.

Sementara berdasarkan data operasional Kementerian Perhubungan pada 2021 ada 5.349 PO bus yang beroperasi di Indonesia. Angka tersebut meningkat setiap tahunnya dibandingkan dengan 2017 yang hanya 2.486 PO bus.

Jumlah perusahaan bus yang beroperasi di Indonesia ini gabungan dari enam layanan, yaitu AKAP, AKDP, Bus Pariwisata, Angkutan Sewa, Angkutan Alat Berat, dan Angkutan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Lalu, PO bus manakah yang paling populer di Indonesia? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 PO bus terpopuler di Indonesia.

1. PO Rosalia Indah

Rosalia Indah sudah eksis di dunia perbusan sejak 1983. PO Rosalia Indah dikenal sebagai bus premium dengan layanan eksekutif non ekonomi. PO bus asal Karanganyar ini memiliki banyak armada double decker lengkap dengan pramugari.

2. PO Haryanto

Siapa yang tidak kenal dengan PO bus asal Kota Kudus, Haryanto. Kepopuleran Haryanto sangat tinggi menjadikannya sebagai PO bus dengan penggemar terbanyak. Ini bukan tanpa alasan, sejak dulu Haryanto terus memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang.

3. PO Harapan Jaya

Harapan Jaya tentu tidak asing di telinga, apalagi bagi masyarakat Jawa Timur. PO bus yang satu ini sangat diandalkan masyarakat terutama untuk mudik Lebaran. Sejak 1977, Harapan Jaya terus berkembang dan hingga saat ini dan aramdanya terus diperbarui.

4. PO Sinar Jaya

Bus Sinar Jaya telah masuk rekor Muri sebagai PO bus yang mendapat penghargaan terbanyak dibanding kompetitor. Sinar Jaya memiliki beberapa kelas armada dari non AC hingga kelas eksekusif yang sangat nyaman.

5. PO Gunung Harta

Gunung Harta merupakan PO yang berasal dari Pulau Dewata, Bali. PO yang satu ini terbukti dengan armadanya yang mewah tidak pernah sepi penumpang. Ini lantaran Gunung Harta selalu menjaga keamanan serta memanjakan para penumpang di setiap trayek yang dilalui.

6. PO Safari Dharma Raya - OBL

PO OBL yang merupakan singkatan nama dari pendirinya yaitu Oei Bie Lay atau Darmoyono menjadi salah satu yang tertua di Indonesia. Kini, PO yang didirikan pada 1969 silam ini berganti nama resmi menjadi Safari Dharma Raya. OBL telah membuktikan manajemennya yang sangat bagus, terbukti PO bus ini masih eksis hingga saat ini.

7. PO Antar Lintas Sumatera (ALS)

PO bus ALS sangat melegenda dan melekat dihati siapa saja yang sering berpergian dari Sumatera menuju Jawa ataupun sebaliknya. Didirikan di Mandailing Natal, Sumatera Utara pada 29 September 1966, ALS juga memiliki trayek terjauh di Indonesia.

8. Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH)

Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH) merupakan perusahaan jasa transportasi angkutan penumpang darat berasal dari Aceh. PMTOH telah berdiri sejak 1957 melayani berbagai rute dari Banda Aceh menuju Medan dan beberapa kota di Pulau Jawa.

9. DAMRI

DAMRI merupakan perusahaan jawatan milik negara tertua. Cikal bakal DAMRI bahkan telah berdiri di zaman pendudukan Jepang pada 1943. DAMRI juga menjadi PO bus Indonesia yang memiliki jangkauan terluas. Bahkan, beroperasi hingga ke pelosok Papua dan Malaysia.

10. Naikilah Perusahaan Minang (NPM)

Naikilah Perusahaan Minang (NPM) merupakan PO bus tertua di Indonesia. Perusahaan ini telah beroperasi sebelum kemerdekaan Indonesia pada 1937. PO bus ini sudah eksis sejak zaman penjajahan kolonial Belanda.

Topik Menarik