Paus Fransiskus Pakai Mobil Kijang Berpelat Nomor Khusus SCV 1, Ini Artinya

Paus Fransiskus Pakai Mobil Kijang Berpelat Nomor Khusus SCV 1, Ini Artinya

Otomotif | inews | Selasa, 3 September 2024 - 16:49
share

JAKARTA, iNews.id - Paus Fransiskus telah tiba di Indonesia dengan menggunakan pesawat ITA Airways. Usai turun dari pesawat, pemimpin tertinggi gereja katolik sedunia itu dijemput Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid dengan nomor pelat khusus, SCV 1.

Lantas, apa artinya pelat nomor tersebut? Mobil yang digunakan Paus Fransiskus berwarna putih melambangkan kesucian khas popemobile. Paus duduk di kursi depan tepat di samping pengemudi, bukan dibaris kedua seperti tamu VVIP pada umumnya.

Innova Zenix yang digunakan terpasang bendera merah putih dan katedral di kedua sisi depan. Tapi yang menarik perhatian adalah pelat nomor khusus bertuliskan SCV 1 dengan latar putih dan merah pada tulisannya.

Dilansir dari Portal Informasi Indonesia, SCV merupakan singkatan dari bahasa Latin Status Civitatis Vaticanae yang artinya Negara Kota Vatikan. Sementara angka 1 diartikan sebagai pemimpin atau tokoh tertinggi yang dihormati semua umat katolik di dunia.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Paus Fransiskus memang tidak menggunakan mobil mewah. Jika diperhatikan dari tampilannya, pada emblem depan Innova Zenix yang ditumpanginya merupakan tipe V hybrid.

Salah satu mobil terlaris di Indonesia tersebut dibekali mesin M20A-FXS yang dipadukan dengan motor listrik compact dengan transmisi CVT K120 mengadopsi mode Sequential Shiftmatic 10-speed. Sementara tenaga yang dihasilkan mencapai 152 PS.

Mesin dengan kapasitas silinder 1.987 cc tersebut kemudian dipadukan motor listrik sebesar 113 PS dan torsi 21 kgm. Perpaduan keduanya mampu menghasilkan daya maksimum 186 PS. Jarak tempuhnya bisa lebih dari 500 kilometer dalam sekali pengisian BBM penuh.

Topik Menarik