Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Persneling Mobil Susah Masuk

Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Persneling Mobil Susah Masuk

Otomotif | sindonews | Sabtu, 31 Agustus 2024 - 16:00
share

Setiap mobil punya fitur persneling yang menentukan lancar tidaknya laju di jalanan. Terkadang bagian ini mengalami kendala, maka ketahui penyebab persneling mobil susah masuk.

Ketika berkendara, pengemudi wajib memindahkan persneling dari posisi N (Netral) ke gigi satu ataupun gigi dua dan seterusnya.

Jika hal itu tidak dilakukan, maka mobil dalam kondisi tidak normal maupun sedang tak bisa berjalan. Maka, penting untuk menjaga perawatan persneling agar tidak terkendala saat berkendara, seperti persneling susah masuk.

Melansir laman Auto2000, Sabtu (31/8/2024) berikut penyebab persneling mobil susah masuk:

1. Kabel kopling keras

Kotoran serta karat biasanya menyebabkan kabel kopling yang fleksibel menjadi keras. Walhasil, antar gigi persneling terhambat kotoran dan membuat jarak geser memendek. Persneling pun menjadi susah masuk.

Baca Juga: 6 Tanda Transmisi Mobil Matik Anda Rusak, Jangan Diabaikan!

2. Bushing tuas rusak

Komponen karet satu ini berfungsi mengikat tuas dan menahan getaran transmisi. Apabila komponen bushing tuas rusak, maka persneling menjadi susah masuk.

3. Kampas kopling menipis

Kampas ini membantu proses pemindahan gigi persneling. Kondisi yang menipis menyebabkan persneling susah masuk.

Baca Juga:Transmisi Mobil Tidak Cuma Manual dan Otomatis, Ini Jenis Lainnya

4. Pengaturan pedal kurang pas

Memilih bengkel ahli sangat penting agar pengaturan pedal mobil terjamin presisi. Lantaran jika kurang pas menyebabkan persneling kurang masuk dengan baik.

5. Fluid master bocor

Fluid master yang bocor sebelum penggunaan mobil berisiko menjadikan tekanan hidrolik yang tak sempurna. Kebocoran tadi bakal merembet dan menyebabkan beberapa komponen mobil terhambat, salah satunya persneling.

Topik Menarik