Banyak Pengendara Abai Kondisi Angin Ban, Mitsubishi Benamkan Teknologi Ini pada XForce

Banyak Pengendara Abai Kondisi Angin Ban, Mitsubishi Benamkan Teknologi Ini pada XForce

Otomotif | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 18:32
share

JAKARTA, iNews.id - Salah satu komponen penting pada kendaraan adalah ban. Di mana ban adalah bagian mobil yang bersentuhan langsung dengan jalan sebagai pengantar gerakan dari tenaga mesin ke roda dan pengereman.

Namun, banyak pengendara yang tidak menyadari dengan tekanan angin ban mereka apakah kempes atau tidak. Ini dapat menyebabkan ban cepat aus atau tidak berimbang.

Kondisi tersebut terutama sering tidak disadari pengemudi perempuan. Jika ban bermasalah selain mengganggu kenyamanan juga berbahaya bagi keamanan dalam berkendara.

Menyikapi itu, Mitsubishi membenamkan teknologi Tire Pressure Monitoring System (TPMS) pada model mobil SUV kompak andalannya, XForce. Sistem Pemantauan Tekanan Ban ini memungkinkan pengendara dapat mendeteksi tekanan ban terlalu rendah atau tidak pada setiap sisi roda.

"Saat ini banyak ibu-ibu yang kurang bisa merespons terhadap kondisi kendaraan. Misalnya mobil ban kempes, tapi mereka enggak bisa merasakan itu. Dari kondisi tersebut kita harus lebih memperhatikan hal-hal yang seperti itu. Contohya seperti tekanan angin ban, itu yang paling gampang melalui TPMC," ujar Technical Support and CS PT MMKSI, Adi Trihatmoko, belum lama ini.

Adi menuturkan selain teknologi TPMC Mitsubishi juga membenamkan fitur keselamatan lainnya untuk memberikan keamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan, antara lain empat airbags (driver, passenger dan side airbags), serta beberapa fitur ADAS, seperti Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert hingga Active Yaw Control (AYC). 

Mobil tersebut memiliki sejumlah fitur berbeda dari pesaingnya. Salah satunya sistem audio Dynamic Sound Yamaha Premium yang dikembangkan secara eksklusif untuk model ini. XForce juga memiliki ground clearance tertinggi di kelasnya hingga 222 mm dengan memiliki sempat mode berkendara, yaitu Normal, Wet, Gravel, dan Mud. 

Diketahui, diproduksi di pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, XForce telah diekspor ke Vietnam. Di Indonesia mobil ini dibanderol Rp379,9 juta untuk tipe Exceed CVT dan Rp412,9 juta tipe Utimate CVT on the road (OTR) Jakarta.

Topik Menarik