Mobil Listrik Mitsubishi L100 EV dan Fuso eCanter Jadi Kendaraan PT Pos di IKN

Mobil Listrik Mitsubishi L100 EV dan Fuso eCanter Jadi Kendaraan PT Pos di IKN

Otomotif | inews | Kamis, 22 Agustus 2024 - 07:26
share

JAKARTA, iNews.id - PT Pos Indonesia (PosIND) menjadikan dua mobil listrik Mitsubishi L100 EV dan Fuso eCanter sebagai kendaraan operasional di Ibu Kota Nusantara (IKN). Penggunaan dua kendaraan niaga tanpa emisi ini untuk mendukung pengembangan layanan publik berkelanjutan di Ibu Kota baru.

Executive Vice President Regional 6 PT Pos Indonesia (Persero), Hany Sartana mengatakan, Nusantara Logistics hub di IKN diharapkan dapat menjadi ekosistem transportasi ideal, baik dari infrastruktur maupun sarana dan fasilitas pendukung lain. Diharapkan ini dapat diterapkan di seluruh wilayah Tanah Air.

"Kami memiliki rencana memanfaatkan Mitsubishi L100 EV dan Fuso eCanter di berbagai kegiatan operasi PT Pos Indonesia, khususnya di Ibu Kota Nusantara. Partisipasi Mitsubishi dalam kegiatan ini juga mencerminkan dukungan penuh perusahaan terhadap program-program lingkungan yang sedang dicanangkan di Ibu Kota baru ini," ujarnya, dalam keterangan pers dilansir Kamis (22/8/2024).

Dia menjelaskan dengan infrastruktur yang mendukung, kendaraan-kendaraan listrik ini akan menjadi bagian integral dari solusi mobilitas di masa depan, membantu Indonesia mencapai target pengurangan emisi serta mendorong adopsi teknologi ramah lingkungan di berbagai sektor industri.

Diketahui, kolaborasi antara PT Pos Indonesia dan Mitsubishi sudah dimulai beberapa tahun lalu melalui aktivitas uji coba atau Proof of Concept (PoC) pada L100EV dan eCanter, memperkuat hubungan dan kepercayaan dalam industri bisnis logistik. Melalui langkah tersebut, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKS)I dan Pos Indonesia melakukan studi bersama melalui kegiatan uji coba dengan menggunakan model Mitsubishi L100 EV selama 11 bulan, pada April 2022 hingga Maret 2023.

Dalam kegiatan PoC, Mitsubishi L100 EV dinilai mampu memenuhi kebutuhan operasional logistik harian dengan baik. PosIND mulai menggunakannya dalam berbagai kegiatan operasional, baik saat uji coba di area Nusantara Logistics hub Ibu Kota Nusantara, maupun dalam bisnis logistik di berbagai wilayah di Indonesia.

Presiden Direktur PT MMKSI Atsushi Kurita mengatakan, Keberlanjutan atau sustainability telah menjadi landasan utama dalam strategi Mitsubishi untuk mendukung masyarakat di Indonesia jangka panjang. Mitsubishi terus mempertahankan komitmen ini di era baru untuk mendukung green initiative yang berkontribusi pada lingkungan serta masyarakat luas.

Dia menuturkan sebagai bagian dari visi perusahaan untuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan, Mitsubishi berkomitmen menyediakan solusi mobilitas ramah lingkungan, terutama di kawasan penting seperti Ibu Kota Nusantara.

"Kami bangga dapat berkontribusi dalam mendukung PosIND dengan menggunakan Mitsubishi L100 EV, yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan logistik modern yang efisien dan berkelanjutan. Kami yakin berbagai keunggulan tersebut membuat Mitsubishi L100 EV sangat kompetitif secara produk, baik dari segi spesifikasi, serta range harga yang ditawarkan. Model ini dapat diserap dengan baik oleh costumer Indonesia yang membutuhkan kendaraan operasional untuk mendukung bisnisnya," ujar Atsusi Kurita.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) juga turut berkontribusi dalam mendukung komitmen Pos Indonesia terhadap solusi logistik ramah lingkungan. eCanter, sebagai truk listrik pertama di dunia, membawa inovasi dan teknologi mutakhir yang merevolusi industri kendaraan niaga.

Sejak 2022, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) telah melakukan serangkaian Proof of Concept (PoC) untuk memastikan keandalan serta kinerja eCanter di berbagai medan di Indonesia, dan PT Pos Indonesia pun menjadi salah satu mitra dalam kegiatan ini. Hasilnya, PT Pos Indonesia menunjukkan tingkat kepuasan tinggi dan yakin eCanter sebagai pilihan tepat untuk mendukung inisiatif logistik ramah lingkungan di IKN.

Kami merasa terhormat dapat berkontribusi dalam mendukung transformasi transportasi logistik yang ramah lingkungan dengan menghadirkan eCanter sebagai bagian dari armada PosIND di IKN. Kontribusi eCanter tidak hanya menjadi bukti nyata bahwa truk listrik ini adalah solusi masa depan yang andal untuk berbagai sektor industri, tapi juga mampu menghadapi tantangan operasional di berbagai medan jalan di seluruh Indonesia," kata President Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Daisuke Okamoto.

"Kami percaya eCanter akan memainkan peran vital dalam mencapai tujuan ini, sekaligus memperkuat komitmen kami terhadap pelestarian lingkungan dan keberlanjutan masa depan, ujarnya.

Topik Menarik