Bantu Mobilitas Pejalan Kaki, Disabilitas, serta Lansia, Toyota Personal BEV Hadir di Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024

Bantu Mobilitas Pejalan Kaki, Disabilitas, serta Lansia, Toyota Personal BEV Hadir di Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024

Otomotif | sindonews | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 14:19
share

Sebagai Worldwide Olympic Partner, Toyota mengirimkan 3.347 unit sustainable mobility vehicles yang terdiri dari berbagai jenis kendaraan elektrifikasi (xEV) untuk mendukung mobilitas para atlet, staf, relawan, media, serta penonton Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024.

Kendaraan elektrifikasi (xEV) yang disediakan memiliki dua kepentingan, yakni personal untuk dipakai seorang diri atau publik untuk bersama pihak-pihak lain yang membutuhkan. Personal BEV memiliki range lebih terbatas daripada xEV, khususnya sekitar perkampungan atlet dan venue lomba.

Last-Mile Micro Mobility Solution merupakan perangkat kompak dan mudah yang dapat membantu orang-orang dengan kebutuhan mobilitas berbeda selama Paris 2024. Tidak hanya itu, dipamerkan pula solusi mobilitas inovatif ciptaan startup yang didukung Toyota.

Toyota C+walk S dan C+walk T

C+walk T adalah BEV roda tiga tipe berdiri yang mudah dioperasikan dengan kecepatan maksimum 6 km/jam untuk mobilitas sendirian di area terbatas. Perangkat mobilitas personal ini dilengkapi tatakan kaki datar yang rendah dengan tinggi hanya 150 mm untuk kemudahan naik-turun.

C+walk S berbagai bentuk dengan C+walk T yang menyatu dengan lingkungan sekitar, serta bergerak dengan kecepatan sesuai kebutuhan di area pejalan kaki. Bedanya, C+walk S memiliki bangku tunggal untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, khususnya bagi lansia.

Tidak hanya itu, dilengkapi pula fitur Front Obstacle Detection System yang membantu menghindari tabrakan dengan halangan atau pejalan kaki di depan, serta memberikan keselamatan bagi pengemudi dan orang di sekitarnya. Selain zero emission, keduanya memiliki jarak tempuh maksimal 12 km dan pengisian baterai selama 2,5 jam.

Yosh-E

(Foto: dok Toyota)

Yosh-E hadir di event Paris 2024 untuk memberikan lebih banyak kebebasan bergerak bagi pengguna kursi roda. Perangkat portabel ini dipasang di depan kursi roda untuk kemudian menariknya dengan memanfaatkan tenaga listrik.

Yosh-E membuat penggunanya tidak perlu mengeluarkan tenaga dan menambah jangkauan mobilitas. Tersedia sebanyak 200 unit di Paris 2024, e-Puller ini memiliki kecepatan maksimal 8 km/jam dengan range rata-rata 25 km.

Genny

Genny Zero adalah transporter pribadi berupa kursi roda futuristis yang dirancang penuh gaya dan memanfaatkan teknologi self-balancing. Genny Zero merupakan solusi mobilitas inklusif yang memberdayakan masyarakat dengan mobilitas terbatas untuk bergerak bebas.

Klaxon Twist

Klaxon Twist adalah sistem penggerak tambahan untuk kursi roda yang dilengkapi roda kecil, motor listrik, dan baterai. Perangkat ini dapat disesuaikan dengan model kursi roda yang berbeda dan dikonfigurasi dalam berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan mobilitas spesifik pengguna.

Toyota JUU

Toyota JUU merupakan prototipe kursi roda elektrik yang mampu menaiki tangga setinggi 16 cm secara mandiri. Sistemnya memberdayakan pengguna kursi roda tanpa bantuan untuk menjelajahi tempat-tempat yang tidak dapat diakses dan membuka kemungkinan baru untuk mobilitas mandiri.

Whill

Perangkat mobilitas pribadi ini menawarkan sistem mengemudi otonom di area bandara, rumah sakit, dan infrastruktur lainnya buat orang yang biasa memakai kursi roda. Whill memberi kebebasan, kepercayaan diri, dan kemandirian yang lebih besar kepada disabilitas atau lansia.

Eppur

Eppur adalah sistem pengereman pertama untuk kursi roda yang kompatibel dengan berbagai macam model dan sistem motorisasi. Perangkat ini diciptakan karena banyak tangan penggunanya yang cedera saat mengurangi kecepatan.

Ottobock Prosthetic Simulator

Selama lebih dari 100 tahun, Ottobock telah mengembangkan solusi dan layanan teknis inovatif bidang prosthetics, orthotics, neuro-mobility, dan perawatan pasien untuk orang dengan mobilitas terbatas. Ottobock adalah mitra terlama Paralimpiade yang mendukung persaingan sehat antar atlet.

Toyota Mobile Toilet

Toilet bergerak ini dirancang agar mudah dibawa kemana saja sehingga memungkinkan pengguna kursi roda dapat memanfaatkannya tanpa kendala. Setelah gempa bumi Jepang awal 2024, Toyota Mobile Toilet menjadi solusi di kondisi darurat di negeri sakura.

Topik Menarik