Viral WNI Beli Yamaha NMax di Jepang Ternyata Buatan Indonesia, Netizen Ikut Kaget

Viral WNI Beli Yamaha NMax di Jepang Ternyata Buatan Indonesia, Netizen Ikut Kaget

Otomotif | inews | Selasa, 13 Agustus 2024 - 12:12
share

JAKARTA, iNews.id - Viral video seorang warga negara Indonesia (WNI) di Jepang membeli Yamaha NMax ternyata buatan Indonesia. Ini diketahui saat sang pemilik motor memeriksa kendaraannya tertulis Made in Indonesia di bagasi bawah jok.

"Jauh-jauh beli motor di Jepang, ternyata buatan INDONESIA," tulis akun TikTok @ayuugann yang mengunggah video tersebut.

Video tersebut memperlihatkan sejumlah bukti motor tersebut benar-benar diproduksi di Indonesia. Bukan hanya label Made in Indonesia yang tersemat pada motor, tapi juga buku manual yang jadi panduan pemilik kendaraan.

Pada bagian bawah buku pedoman itu, tertulis 'Printed in Indonesia' lengkap dengan bulan dan tahunnya. Padahal, WNI tersebut membeli motor itu di negara asalnya Jepang.

Bila dilihat, Yamaha NMax yang digunakannya merupakan generasi kedua yang belum dilengkapi fitur Turbo. Meski memiliki model yang sama seperti di Indonesia, tapi kapasitas mesinnya lebih kecil yakni 125 cc.

Sebagai informasi, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) memang menjadi pusat ekspor NMax ke beberapa negara di Eropa, Jepang, ASEAN, dan Australia. Sebab itu, motor Yamaha buatan Indonesia banyak ditemui di sejumlah negara.

Video tersebut membuat netizen kaget. Beragam komentar dilayangkan warganet bangga bisa mengekspor motor buatan Indonesia ke negara asalnya.

"Komponennya memang buatan Jepang, tapi dirakitnya di Indonesia. gituuu," tulis @sam***.

"Kalo bisa ekspor ke Jepang dan Eropa. berarti kwalitas Yamaha Indonesia emang mantap," kata @dal***.

"Yg pasti produknya lebih bagus dari pasaran yg Indonesia.. soalnya dulu waktu kerja di perusahaan sparepart dibedakan yg buat lokal sama ekspor," ujar @moh***.

"Tapi percayalah kualitas buat ekspor beda sama yang buat lokal," kata @god***.

Topik Menarik