Viral Mobil di China Bergelembung seperti Hamil, Apa Penyebabnya?

Viral Mobil di China Bergelembung seperti Hamil, Apa Penyebabnya?

Otomotif | inews | Senin, 12 Agustus 2024 - 10:04
share

JAKARTA, iNews.id - Viral di media sosial sejumlah mobil di China bodinya bergelumbung seperti hamil. Sebagian besar tejadi pada bagian kap mesin. Apa penyebabnya?

Dalam video yang dibagikan akun X (Twitter) @jenniferzen97, tampak beberapa potongan klip mobil-mobil di China bergelembung. Bahkan, gelembung tersebut sangat besar hampir menutupi seluruh kaca depan.

"Bukan lelucon! Mobil buatan China 'hamil' ketika suhu terlalu panas," tulis unggahan video tersebut.

Sebagai informasi, saat ini China sedang dilanda gelombang panas ekstrem yang menyebabkan efek tak biasa pada mobil, khususnya yang dilapisi stiker. Bukan hanya mobil buatan China yang mengalami hal tersebut, terlihat juga merek Audi yang merupakan brand asal Jerman.

Melansir berbagai sumber, gelembung pada sebuah mobil yang dilapisi stiker terjadi akibat udara yang terjebak di dalamnya. Ini akan bereaksi ketika terpapar suhu yang sangat panas dan menyebabkan gelembung besar seperti 'hamil'.

"Panas ekstrem dan paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama berpotensi memengaruhi umur panjang dan tampilan stiker mobil. Seiring waktu, suhu tinggi dapat menyebabkan pembungkus vinil melengkung, menggelembung, atau bahkan memudar," tulis Wrap Guys dalam laman resminya.

Stiker pelapis dengan kualitas terbaik disebutkan dapat menangani berbagai kondisi lingkungan. Tapi, material vinyl memiliki batas suhu panas yang dapat bereaksi apabila suhu sudah terlalu ekstrem.

Disarankan para ahli, hindari paparan sinar matahari langsung dengan memarkirkan kendaraan yang dilapisi stiker di carport, garasi, atau tempat teduh lainnya, terutama pada jam sibuk. Langkah kecil ini dapat membuat perbedaan signifikan dalam menjaga kecerahan warna dan integritas struktural stiker.

Topik Menarik