Bobot Lebih Ringan, Konsumsi BBM Honda BeAT 1 Liter Tembus 60 Km

Bobot Lebih Ringan, Konsumsi BBM Honda BeAT 1 Liter Tembus 60 Km

Otomotif | inews | Selasa, 4 Juni 2024 - 10:57
share

JAKARTA, iNews.id - All New Honda BeAT mengaspal di Indonesia setelah 4 tahun tidak mendapatkan penyegaran. Mengusung konsep baru, skuter matik kompak ini tetap mempertahankan keunggulannya irit bahan bakar minyak (BBM).

BeAT Large Project Leader, Takuro Nakamura mengatakan, skutik ini digemari masyarakat karena konsumsi bahan bakarnya yang sangat efisien. Untuk itu, Honda memilih untuk mempertahankan dan membuatnya lebih irit dengan bobot lebih ringan 400 gram dibandingkan model sebelumnya.

"Tentu saja terkait dengan kenapa hanya 400 gram yang bisa diperingan, itu kami harus melakukan pendekatan juga dari sisi quality atau kekuatan dan durabilitas, sehingga bisa diperingan 400 gram," ujar Nakamura di sela peluncuran All New BeAT series, di Honda Safety Riding Center, Cikarang, Jawa Barat, Senin (3/6/2024).

All New Honda BeAT masih menggunakan mesin 110 cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi enhanced Smart Power (eSP). Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 6,6kW @ 7.500 rpm dan torsi puncak 9,2 Nm @ 5.500 rpm.

Melalui tes internal dengan metode Worldwide Motorcycle Test Cycle (WMTC) didapatkan hasil konsumsi BBM mampu mencapai 60,6 km/liter. Sementara tangki bahan bakarnya mampu menampung sebanyak 4,2 liter bensin, yang berarti All New Honda BeAT dapat menempuh jarak 254,52 km.

Executive Vice President AHM Thomas Wijaya mengungkapkan pengujian tersebut dilakukan di Indonesia dengan bahan bakar yang dijual di Indonesia. Dia menjelaskan selama pengujian, All New Honda BeAT series menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan atau RON 92.

"BBM ya sesuai yang sudah ada saja berjala. Kalau yang kualitas lebih baik, ya RON lebih baik. Kita menyesuaikan saja apa yang dibutuhkan masyarakat bisa fit dengan ini. RON yang standar 92," katanya.

Diketahui, Honda BeAT terbaru dengan smart key ditawarkan dalam beberapa varian, tipe CBS dipasarkan Rp18.430.000, Deluxe Standard Rp19.300.000, dan tipe Deluxe Smart Key yang merupakan varian tertinggi dibanderol Rp19.830.000. Sementara model All New Honda BeAT Street ditawarkan seharga Rp19.300.000 on the road (OTR) Jakarta.

Topik Menarik