Kontes Modifikasi BlackAuto Battle 2024 Digelar, Ada Kelas Mobil Listrik dan Diesel

Kontes Modifikasi BlackAuto Battle 2024 Digelar, Ada Kelas Mobil Listrik dan Diesel

Otomotif | inews | Kamis, 30 Mei 2024 - 09:49
share

JAKARTA, iNews.id - Kontes modifikasi BlackAuto Battle musim 2024 kembali hadir menyuguhkan tontonan menarik bagi pecinta car tuning di Indonesia. Seri perdana BlackAuto Battle 2024 digelar di Kota Solo, sekaligus menjadi tuan rumah bagi perwakilan peserta Central Region. 

"Seri pertama Central Region yang mengambil lokasi Mangkunegaran Solo berlangsung sukses dan pecah. Semua slot peserta penuh dan ribuan pengunjung memenuhi pelataran venue Mangkunegaran Solo," ujar Boy Prabowo, perwakilan penyelenggara BAB 2024 keterangan pers dilansir, Kamis (30/5/2024).

Kompetisi kreativitas kendaraan roda empat terbesar di Tanah Air ini masih mengusung konsep sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni mencari jawara di dua kategori, Culture dan Contest Car di masing-masing region untuk diadu di babak final battle.

Kategori Culture mewakili genre modifikasi simple, good looking dan fashionable. Sementara Contest Car mewakili genre yang lebih progressive. 

"Tentunya masing-masing kelas mempunyai karakteristik berbeda satu sama lain. BlackAuto Battle hadir untuk mengakomodir kebutuhan di dua genre yang memang sedang hype di dunia modifikasi dan tuning saat ini," kata Boy.

Berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya, kali ini ada penambahan kelas untuk mengakomodir para pemilik mobil listrik (electric vehicle/EV) dan kendaraan bermesin diesel. Bukan tanpa alasan kelas ini hadir, mengingat mobil bermesin diesel dan mobil listrik kini tengah digandrungi masyarakat. 

"Ada sedikit perbedaan dibanding tahun lalu, tahun ini kita membuka kelas EV dan Diesel Modern yang memang sedang hype di dunia culture modifikasi," ujar Boy.

BlackAuto Battle 2024 kembali menggandeng Asia pacific Car Tuning Association (APACT) dalam merancang sistem penjurian untuk bisa memilih karya modifikasi terbaik di antara yang terbaik. Untuk kemudian mereka akan menjadi trend setter di industri otomotif, serta di dunia modifikasi dan car tuning pada khususnya. 

"Seperti tahun sebelumnya, peserta di masing-masing kategori (Culture dan Contest Car) akan berebut tiket ke babak Final Battle yang akan berlangsung di Grand City Surabaya, pada 9-10 November 2024 mendatang," kata Boy Prabowo.

Modfikasi Car Audio

Sementara untuk penikmat modifikasi car audio, kelas Black Out Loud SQ, SQL dan SPL tetap dihadirkan untuk memanaskan gelaran BlackAuto Battle 2024. Tiga asosiasi internasional di bidang car audio, yakni EMMA (Eropa), MECA (Amerika) dan CAN (Indonesia-Asia) hadir untuk menjadikan level kompetisi Black Out Loud tetap bergengsi. 

BlackAuto Dynotest juga menjadikan Black Auto Battle sebagai sebuah car show dengan menu paling lengkap di Indonesia. Bukan sekadar pelengkap, BlackAuto Dynotest menjadi salah satu kegiatan yang paling ditunggu oleh ribuan pengunjung yang hadir di BlackAuto Battle 2024 Central Region. 

Para tuner nasional saling adu gengsi dengan mengirimkan mobil-mobil hasil racikan terbaiknya untuk diadu di atas mesin pengukur kecepatan demi meraih predikat mobil bertenaga "paling buas" di kelas Naturaly Aspirated, Free For All dan tentu saja Diesel.

"Kota Solo sukses menjadi seri pembuka BlackAuto Battle 2024. Selanjutnya kami akan menggelar seri kedua di Senayan Park, Jakarta yang sekaligus merupakan tuan rumah untuk West Region pada pada 6 Juli 2024," kata Boy. 

Dia mengungkapkan, khusus untuk seri kedua ini, slot peserta memang dibatasi. Sebab itu, pihaknya memutuskan untuk melakukan kurasi terlebih dahulu untuk mobil-mobil calon peserta. 

"Kami hanya menyediakan 50 slot mobil untuk Culture dan Car Contest, sehingga kami sangat berharap seluruh calon peserta bisa lebih pro aktif dan melakukan persiapan dengan lebih matang lagi," ujar Boy. 

Topik Menarik