Fakta Pegasus, Spyware Canggih Milik Perusahaan Israel

Fakta Pegasus, Spyware Canggih Milik Perusahaan Israel

Otomotif | BuddyKu | Senin, 9 Oktober 2023 - 09:59
share

JAKARTA - Konflik antara Hamas dan Israel kembali pecah pada akhir pekan kemarin. Setidaknya ada sekitar ribuan korban tewas akibat konflik yang masih berlangsung sampai sekarang.

Perseteruan antara Israel-Palestina pun seolah mengingatkan kembali akan teknologi sypware canggih bernama Pegasus. Ya, nama tersebut memang tidak asing bagi warga Indonesia.

Pegasus merupakan spyware canggih milik yang dikembangkan oleh perusahaan Israel, NSO Group. Spyware itu mampu memantau semua kegiatan pengguna ponsel.

Spyware ini memiliki kemampuan pengumpulan data yang luas mulai dari membaca aplikasi perpesanann, melacak lokasi, hingga mengakses mikrofon dan kamera dalam sebuah perangkat.

Pegasus sendiri dikabarkan telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2018 dan digunakan oleh Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN). Namun kedua lembaga tersebut membantah menggunakan alat sadap tersebut.

Selain Indonesia, Pegasus juga terdeksi di Meksiko, Amerika Serikat, Thailand, Ghana, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kazakhstan, India, Maroko, Rwanda, Bahrain, dan Azerbaijan.

Lebih lanjut Pegasus merupakan sypware canggih yang tidak bisa dideteksi oleh targetnya. Saat berhasil masuk, Pegasus akan menguasai perangkat dan semua akun media sosial target.

Kecanggihannya juga ada pada jalur masuk yang sulit untuk dideteksi jejaknya. Hal inilah yang membuat Pegasus pernah booming untuk memata-matai wartawan, politisi, pejabat, hingga seberitas di tahun-tahun politik.

Topik Menarik