3 Skenario Timnas Indonesia U-17 Lolos Piala Asia U-17 2025: Laga Hidup Mati Vs Australia

3 Skenario Timnas Indonesia U-17 Lolos Piala Asia U-17 2025: Laga Hidup Mati Vs Australia

Olahraga | inews | Minggu, 27 Oktober 2024 - 07:07
share

MISHREF, iNews.id - Ada tiga skenario Timnas Indonesia U-17 lolos Piala Asia U-17 2025 yang menarik diulas. Garuda Asia akan menjalani partai hidup mati vs Australia pada matchday terakhir Grup G di Abdullah Alkhalifa Alsabah Stadium, Minggu (27/10/2024) pukul 21.30 WIB.

Saat ini Timnas Indonesia U-17 berada di posisi kedua klasemen Grup G bermodalkan 6 poin. Sedangkan Australia di singgasana dengan angka yang sama, namun unggul selisih gol.

Garuda Asia memiliki selisih gol +11 sementara Australia +21. Lalu ada Kuwait dan Kepulauan Mariana Utara di tempat ketiga dan keempat dengan 0 poin dan sudah dipastikan tak lolos.

Sesuai regulasi hanya juara grup dan lima runner up terbaik yang bisa lolos ke Piala Asia U-17 2025. Namun peraturan sedikit diubah setelah Lebanon yang menempati Grup H keluar dan membuat jumlah kontestan di tiap grup tak sama.

Kini Grup H berisikan tiga anggota saja. Sementara grup lainnya diisi empat atau lima negara. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memutuskan perhitungan poin hanya diperuntukkan untuk tiga tim teratas di tiap grup.

Itu artinya laga melawan tim peringkat keempat atau kelima tiap grup tak akan dihitung. Untuk di Grup G, hasil laga kontra Kepulauan Mariana Utara tidak akan dihitung.

Dengan kondisi seperti ini, peluang Timnas Indonesia U-17 sejatinya masih terbuka lebar. Yuk kita bahas.

Tiga skenario Timnas Indonesia U-17 lolos Piala Asia U-17 2025:

1. Menang

Jika menang lawan Australia, poin Timnas Indonesia U-17 akan menjadi 6 (laga melawan Kepulauan Mariana Utara tidak dihitung). Garuda Asia akan lolos otomatis sebagai juara Grup G.

Skenario seperti itu yang diharapkan pencinta sepak bola Tanah Air. Tapi mengalahkan Australia bukan perkara mudah.

Terbaru tim asuhan Nova Arianto itu bertemu Australia di semifinal Piala AFF U-16 2024. Zahaby Gholy dan kolega kalah 3-5 dan gagal melaju ke final.

2. Imbang

Hasil imbang melawan Australia juga bisa membuat Garuda Asia lolos ke Piala Asia U-17 2025 dari jalur runner up terbaik. Mereka akan mengemas poin 4.

Namun Timnas Indonesia harus melihat hasil-hasil dari grup lainnya. Saat ini Timnas Indonesia U-17 berada di posisi keenam klasemen lima runner up terbaik.

Di atas mereka ada Oman (Grup J), Qatar (Grup F), China (Grup C), India (Grup D) dan Uzbekistan (Grup E) yang kini mengoleksi 3 poin. Bermodalkan 4 poin, Timnas Indonesia U-17 harus berharap kelima negara tersebut terpeleset di laga terakhir agar bisa merangsek ke posisi lima runner up terbaik.

3. Kalah

Skenario terakhir yang paling tidak diharapkan. Sebab jika kalah, selisih gol yang dimiliki Timnas Indonesia U-17 akan 0 atau bahkan minus. 

Dengan demikian peluang lolos ke Piala Asia U-17 2025 nyaris tertutup. Sebab Garuda Asia harus berdoa agar Oman, Qatar, China, India dan Uzbekistan kalah telak di laga terakhir.

Saat ini Oman memiliki selisih gol +5, Qatar dan China (+2) sedangkan India dan China sama seperti Timnas Indonesia U-17 yakni +1 (laga melawan Kepulauan Mariana Utara tidak dihitung).

Topik Menarik