4 Pemain Naturalisasi dengan Performa Paling Oke Saat Timnas Indonesia Kalah dari China, Ada Jay Idzes 

4 Pemain Naturalisasi dengan Performa Paling Oke Saat Timnas Indonesia Kalah dari China, Ada Jay Idzes 

Olahraga | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 23:18
share

JAKARTA, iNews.id - Pemain naturalisasi dengan performa paling oke jadi perhatian pencinta sepak bola Tanah Air. Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan China 2-1 pada laga matchday keempat Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2024. 

Dua gol yang bersarang di gawang Maarten Paes masing-masing dicetak oleh Berham Abduwell (21') dan Zhang Yuning (44'). Satu gol dari Thom Haye (86') hanya jadi gol penghibur bagi penggemar Timnas Indonesia yang turut datang ke Qiangdao Youth Stadium. 

Gagal mendapatkan poin dari Dataran China membuat Indonesia tetap mengoleksi 3 poin dari 3 laga dan menempati peringkat keempat Grup C. Asa untuk tampil di Piala Dunia 2026 pun masih ada meskipun sangat kecil. 

Meski kalah dari China, setidaknya ada empat pemain naturalisasi yang tampil cukup apik di laga kemarin. Penampilan mereka pun patut untuk diapresiasi. 

Lantas, siapa saja pemain naturalisasi dengan performa paling oke? Melansir berbagai sumber, Rabu (16/10/2024), berikut iNews.id akan berikan informasinya. 

Pemain Naturalisasi dengan Performa Paling Oke 

1. Thom Haye

Meski baru diturunkan pada menit ke-46 usai menggantikan Mees Hilgers yang cedera, performa Thom Haye di laga kontra China cukup mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Pemain anyar Almere City membuat pola serangan Timnas Indonesia semakin kreatif. 

Pada akhirnya, Haye berhasil mencetak satu-satunya gol skuad Merah Putih. Pemain berjuluk The Professor itu sukses memanfaatkan bola muntah lewat skema lemparan ke dalam yang dilontarkan oleh Pratama Arhan. 

2. Jay Idzes

Penggemar Timnas Indonesia pasti bertanya-tanya mengapa Shin Tae-yong lebih mempercayakan ban kapten kepada Asnawi Mangkualam ketimbang Jay Idzes. Seperti kita lihat, bek Venezia FC itu sempat menjadi pemimpin rekan-rekannya di tiga laga sebelumnya kontra Bahrain, Arab Saudi, dan Australia. 

Meski ban kapten tidak melingkar di lengan, hal itu tidak menyurutkan semangat bang Jay dalam mengawal lini pertahanan skuad Merah Putih. Ia terus melakukan berbagai cara untuk menjaga gawang Maarten Paes tetap aman meski harus kebobolan pada menit ke-21. 

3. Calvin Verdonk 

Calvin Verdonk membuktikan jika dirinya pantas untuk mengenakan jersey kebesaran Timnas Indonesia. Sejak laga perdana kontra Arab Saudi, bek sayap NEC Nijmegen itu seolah-olah tidak pernah kehabisan stamina untuk menjaga lini petahanan skuad Merah Putih. 

Di laga kontra China kemarin, setidaknya Verdonk berhasil melepaskan dua tembakan ke arah gawang lawan. Sayang, usaha yang dilakukan oleh pemain berdarah Aceh itu harus diblok oleh kiper Tim Naga, Wang Dalei. 

4. Nathan Tjoe-A-On

Penampilan Nathan pada beberapa laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sempat mendapatkan atensi dari para penggemar Timnas Indonesia. Meski kerap ditempatkan sebagai gelandang bertahan, pemain Swansea FC ini tidak segan untuk menjaga pertahanan timnya. 

Di laga kemarin, Shin Tae-yong mempercayakan Nathan untuk menjadi eksekutor tendangan sepak pojok. Pemain yang sempat dipinjamkan ke SC Heerenveen itu juga tak kalah soal nyali saat terlibat pertikaian dengan para pemain China. 

Demikian ulasan mengenai pemain naturalisasi dengan performa paling oke. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik