Timnas Indonesia Kecolongan 2 Gol China, Begini Kata Shin Tae-yong

Timnas Indonesia Kecolongan 2 Gol China, Begini Kata Shin Tae-yong

Olahraga | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 06:30
share

QINGDAO, iNews.id – Timnas Indonesia kecolongan dua gol China pada babak pertama pada laga keempat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) memberi penilaiannya. 

Bertamu ke Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10) malam, maskas Timnas China, Tim Garuda pulang dengan kekalahan 1-2. Kesalahan Shayne Pattynama membuat Timnas Indonesia kecolongan gol Behram Abduweli pada menit ke-21. 

Kemudian, kelengahan pertahanan membuat Zhang Yuning (44') membawa tuan rumah unggul dua gol. Timnas Indonesia baru bisa memperkecil ketertinggalan lewat tembakan Thom Haye (86’). Tim Garuda tampil terus menekan, namun tak ada gol tambahan.

STY menyesalkan dua gol kemenangan China dalam laga tersebut. Dia menilai, dua gol itu terjadi karena kesalahan anak asuhnya.

"Dalam pertandingan ini, China mencetak dua gol. Indonesia mengalami beberapa penurunan konsentrasi," kata STY dalam konferensi pers usai laga, Selasa (15/10/2024).

Pada gol pertama, kesalahan antisipasi Shayne Pattynama yang mengira bola sudah meninggalkan lapangan. Tapi bola itu bisa dicuri oleh Jiang Shenglong yang mengirimkan umpan ke mulut gawang Maarten Paes dan langsung disambar oleh Behram Abduweli.

Sementara proses gol kedua juga berawal dari kesalahan. Kali ini giliran Jay Idzes dan Mees Hilgers yang miskoordinasi. Mereka gagal dalam menutup ruang di jantung pertahanan sendiri. Akibatnya, Gao Zhunyi bisa mengirim umpan terobosan ke Zhang Yuning.

"Gol pertama China terjadi karena masalah kurang fokus, dan gol kedua terjadi karena Indonesia membuat beberapa kesalahan dalam penguasaan bola, kehilangan kendali. Ini adalah masalah yang harus kita renungkan," tutur STY.

Meski menelan kekalahan, Timnas Indonesia masih tertahan di posisi kelima dalam klasemen sementara Grup C dengan tiga poin. Torehan poin itu sama seperti China yang masih menjadi juru kunci.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan melakoni dua laga kandang bulan depan. Tim Garuda akan menjamu Jepang dan Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 15 dan 19 November 2024.

Topik Menarik