Prestasi Maluku di Peparnas 2024 Menurun Jauh, Hanya Tempati Peringkat 26

Prestasi Maluku di Peparnas 2024 Menurun Jauh, Hanya Tempati Peringkat 26

Olahraga | ambon.inews.id | Rabu, 16 Oktober 2024 - 05:30
share

AMBON, iNewsAmbon.id - Prestasi kontingen Maluku di arena Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 di Solo Jawa Tengah, menurun jauh dari event yang sama tahun 2021 di Papua.

Nasib para atlet difabel Maluku ini seperti mengikuti prestasi rekan-rekannya di PON 2024 Aceh - Sumut, yang juga anjlok.

Data yang dihimpun media ini, pada klasemen akhir Peparnas 2024 yang ditutup pada Minggu (13/10/2024) dan diikuti 35 provinsi, Maluku hanya berada di posisi ke-26 dengan perolehan 2 medali perak dan 2 perunggu, tanpa emas.

Dari empat medali itu, dua perak dihasilkan oleh Adyos Astan di nomor para tenis meja tunggal putra elite kelas 4 dan Barce Layaba para tenis meja nomor tunggal putra elite kelas 5.

Sedangkan dua medali perunggu oleh Tedy Nidjaya dari para menembak nomor 10 Air Rifle Prone Mixed SH-2 RS dan Simson Marangkey dari tenis meja tunggal putra TRW 1.

Hasil tersebut menurun drastis dibanding Peparnas 2021 di Papua. Saat itu, Maluku mampu duduki urutan 19 dengan total meraih 13 medali yaitu 3 medali emas, 2 perak dan 8 perunggu.

Padahal Maluku masih diperkuat atlet Paralimpiade langganan perkuat Indonesia dan bahkan juara ASEAN Paragames atau Asian Paragames, seperti Adyos Astan (para tenis meja), Elvin Sesa (para atletik), juga di nomor para renang dan lainnya.

 

Tentang hal itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maluku Sandy Wattimena dihubungi media ini Senin (14/10/2024), mengakui penurunan prestasi tersebut.

"Iya saya juga kaget. Perlu ada evaluasi. Padahal Adyos dan Barce tu langganan medali emas, kali ini hanya perak. Namun saya beri apresiasi dan terima kasih untuk perjuangan semua atlet," ujar Sandy.

Untuk diketahui, Maluku mengirimkan 30 para atlet di Peparnas 2024.  Mereka bertanding dalam para atletik, para renang, para tenis meja, para bulu tangkis, para catur, para menembak dan para panahan.

Sebanyak 30 atlet itu didampingi oleh 11 pelatih, dan 7 ofisial selama Peparnas XXVII tersebut di Solo.

Sementara itu, posisi Maluku di klasemen yang biasanya berada jauh diatas Maluku Utara. Kali ini harus berada satu tingkat dibawah Malut yang duduki urutan 25 dengan raihan 3 medali perak. 

Topik Menarik