Hati-Hati Timnas Indonesia! Pelatih China Siapkan Strategi Khusus untuk Jinakkan Garuda

Hati-Hati Timnas Indonesia! Pelatih China Siapkan Strategi Khusus untuk Jinakkan Garuda

Olahraga | inews | Selasa, 15 Oktober 2024 - 05:48
share

QINGDAO, iNews.id - Pelatih Timnas China Branko Ivankovic sudah menyiapkan strategi khusus untuk membungkam Timnas Indonesia pada lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Tim Naga - julukan Timnas China - berambisi menjinakkan Tim Garuda di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024) pukul 19.00 WIB.

Meski tampil sebagai tuan rumah, China tidak memiliki modal yang bagus untuk menghadapi Timnas Indonesia. Pasalnya, mereka sedang babak belur usai mengalami rentetan tiga kekalahan beruntun dalam tiga laga awal di putaran ketiga kualifikasi ini. 

Timnas China mengawali kampanye dengan kekalahan memalukan 0-7 di markas Jepang. Kemudian, mereka juga kalah dari Arab Saudi 1-2, dan Australia 1-3. Alhasil, mereka terdampar di dasar klasemen Grup C dengan tanpa poin. 

Sebaliknya, Timnas Indonesia belum terkalahkan di putaran ketiga. Tim Garuda selalu imbang kontra Arab Saudi 1-1, Australia 0-0, dan Bahrain 2-2. 

Torehan tiga poin ini membuat pasukan Shin Tae-yong duduk di peringkat kelima dengan tiga poin, hanya selisih satu angka dari Arab Saudi, Australia dan Bahrain di peringkat kedua, ketiga dan keempat. Puncak klasemen masih dikuasai Jepang dengan sembilan poin. 

Untuk itulah, Timnas China sangat berambisi untuk mengalahkan Indonesia. Gelandang Timnas China, Li Yuanyi, mengungkapkan, Pelatih mereka, Branko Ivankovic sudah mempelajari permainan Timnas Indonesia. Sang arsitek sudah menyapkan strategi khusus untuk memastikan poin penuh. 

Timnas China Siapkan Strategi Khusus

Yuanyi menyebut, Tim Naga sudah mempelajari pola permainan Timnas Indonesia yang sangat solid di pertahanan. Untuk bisa mendobrak pertahanan Mees Hilgers dkk, Ivankovic sudah menyiapkan caranya.

“Indonesia umumnya menggunakan formasi lima bek, dan kami akan menyesuaikan sesuai dengan formasi mereka,” tutur Yuanyi, dikutip dari Sohu, Senin (14/10/2024). 

“Pelatih juga telah memberikan beberapa arahan khusus yang perlu kami terapkan,” ucapnya.

Saat ini, China terus memantapkan diri untuk bisa meraih kemenangan saat melawan Timnas Indonesia. Yuanyi menyampaikan, mereka telah melakukan evaluasi menyeluruh buntut dari hasil minor yang didapat.

“Kami fokus pada pemulihan dasar ditambah evaluasi teknis dan taktis. Pelatih telah merangkum kekurangan dari pertandingan sebelumnya, dan kemarin kami juga menjalani beberapa latihan pergerakan di lapangan,” kata pemain berusia 31 tahun itu.

Topik Menarik