Timnas Indonesia Imbangi Arab Saudi, Jokowi: Bangga dan Patut Disyukuri!

Timnas Indonesia Imbangi Arab Saudi, Jokowi: Bangga dan Patut Disyukuri!

Olahraga | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 13:23
share

JAKARTA, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengomentari heroisme Timnas Indonesia saat mengimbangi Arab Saudi 1-1 pada matchday pertama putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Ya, secara mengejutkan, Tim Garuda bisa membawa pulang satu poin dari Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. 

Main di kandang lawan, pasukan Shin Tae-yong malah unggul lebih dulu lewat tembakan Ragnar Oratmangoen yang berbelok arah usai mengenai tubuh Sandy Walsh pada menit ke-19. 

Timnas Indonesia bermain 1-1 lawan Arab Saudi di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026. Arab Saudi menyemakan kedudukan di injury time. (foto: TImnas Indonesia)

Sayang, Timnas Arab Saudi bisa membalasnya pada menit ke45+3 lewat sepakan Musab Al Juwayr yang juga berbelok arah mengenai badan Calvin Verdonk.

Sebenarnya, Arab Saudi mendapatkan peluang membalikkan keadaan saat wasit menghadiahi tendangan penalti pada menit ke-79 usai Maarten Paes menjatuhkan pemain lawan di kotak terlarang. Beruntung, eksekusi Salem Al Dawsari bisa diblok oleh Maarten Paes. 

Merespons pertandingan tersebut, Jokowi mengaku bangga melihat perjuangan Ragnar Oratmangoen dkk. 

"Kita patut berbangga timnas kita bisa memberikan perlawanan yang baik dan bahkan beberapa kali memiliki peluang yang sangat bagus," kata Jokowi usai meninjau Pasar Soponyono, Surabaya, Jumat (6/9/2024).

Bahkan, Jokowi menyebut Timnas Indonesia bisa saja menang di pertandingan itu. Pasalnya, Tim Garuda memiliki banyak peluang untuk menambah gol. Namun dirinya juga bersyukur kiper Maarten Paes berhasil menggagalkan penalti.

"Sebetulnya kita bisa menambah gol, tapi ya kita juga Alhamdulillah juga penaltinya lawan enggak bisa masuk. Ini patut disyukuri sehingga pulang dari Arab Saudi bisa membawa satu poin. Nanti ditunggu yang tanggal 10 (lawan) timnas Australia," kata Jokowi.

Hasil imbang ini membuat Arab Saudi berada di posisi tiga dengan satu poin. Sedangkan Timnas Indonesia duduk di urutan keempat. 

Posisi puncak dihuni Jepang dengan poin 3 usai membantai China 7-0, Kamis (5/9/2024) sore. Di posisi kedua ada Bahrain yang juga punya poin 3 setelah mengalahkan tuan rumah Australia.

Selanjutnya, Arab Saudi akan bertandang ke China di Stadion Dalian Souyuwan, Selasa (10/9/2024) mendatang. Pada hari yang sama, Timnas Indonesia akan menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Topik Menarik