Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia 2026, Erick Thohir: Bola Itu Bundar

Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia 2026, Erick Thohir: Bola Itu Bundar

Olahraga | pasuruan.inews.id | Jum'at, 28 Juni 2024 - 07:30
share

JAKARTA, iNewsPasuruan.id -- Timnas Indonesia resmi masuk grup neraka di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Hasil drawing yang digelar Kamis (27/6) siang di Kuala Lumpur, Malaysia, menempatkan Indonesia di Grup C bersama raksasa Asia seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan Tiongkok.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan Timnas Indonesia siap tempur dan memberikan yang terbaik dalam format pertandingan home and away yang ketat ini. "Kita harus jujur, grup ini memang berat. Tapi saya minta pelatih dan pemain Timnas kita jangan kasih kendor. Ingat, bola itu bundar dan banyak kejutan di sepak bola. Lihat saja Piala Eropa 2024, bagaimana Austria dan Georgia bisa bikin kejutan. Jadi, meski grupnya berat, kita harus terus berjuang," ujar Erick Thohir dilansir laman PSSI di Jakarta, Kamis (27/6).

Erick menegaskan pentingnya persiapan matang sejak pengumuman undian ini. "PSSI sudah mengatur jadwal liga hingga tiga tahun ke depan agar persiapan Timnas dan kompetisi bisa berjalan selaras," tambahnya.

 

Erick juga meminta dukungan penuh dari para pemilik klub untuk memberikan lebih banyak waktu bermain bagi pemain Timnas di klub mereka. Ini untuk memastikan ketajaman, kematangan, dan skill pemain meningkat, yang pada akhirnya meningkatkan performa mereka di Timnas.

"PSSI dan Liga sudah memberikan fleksibilitas kepada klub dengan mengizinkan delapan pemain asing, enam bisa bermain, dan dua cadangan. Namun, jangan sampai hal ini mematikan jam bermain pemain Timnas. Mereka tetap harus diprioritaskan karena ini akan meningkatkan kualitas skuad Timnas," jelasnya.

Untuk mempersiapkan yang terbaik, Erick mengungkapkan bahwa PSSI akan memanggil pemain terbaik yang bangga membela Indonesia di kancah internasional. "Saya harap empat hari sebelum pertandingan kualifikasi, para pemain sudah bergabung sehingga pelatih punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan tim. Tidak ada alasan lagi. Kita ingin yang terbaik untuk kesempatan emas ini," tegas Erick.

Erick juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendukung dan mendoakan Timnas agar bisa tampil maksimal dan meraih prestasi, bahkan hingga lolos ke Piala Dunia.

Juara dan runner-up grup, total enam negara, akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Peringkat ketiga dan keempat grup akan maju ke babak keempat. Di babak keempat, dua grup akan dibentuk, dan juara grup akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026, menjadikan total delapan wakil Asia yang lolos.

Asia bisa menambah satu wakil lagi menjadi sembilan. Runner-up babak keempat akan diadu, dan pemenangnya akan menghadapi tim dari benua lain di laga Playoff. Jika pemenangnya dari Asia, maka akan ada sembilan wakil Asia di Piala Dunia 2026.

Berikut hasil lengkap undian babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang menggunakan format home and away:

**Grup A:**
1. Iran
2. Qatar
3. Uzbekistan
4. Uni Emirat Arab
5. Kirgizstan
6. Korea Utara

**Grup B:**
1. Korea Selatan
2. Irak
3. Yordania
4. Oman
5. Palestina
6. Kuwait

**Grup C:**
1. Jepang
2. Australia
3. Arab Saudi
4. Bahrain
5. Tiongkok
6. Indonesia

Topik Menarik