Hajar Laos 6-1, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U16 2024

Hajar Laos 6-1, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U16 2024

Olahraga | bandungraya.inews.id | Kamis, 27 Juni 2024 - 23:20
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Laos di laga terakhir fase grup Piala AFF U16, selain itu Timnas Indonesia juga mengunci status juara grup A.

Laga antara Timnas Indonesia vs Laos digelar di Stadion Manahan Solo, pada Kamis (27/6/2024) malam.

Timnas Indonesia menang dengan skor 6-1 berkat sepasang gol Josh Holong, gol penalti Muhamad Zahaby Gholy, I Putu Panji Apriawan, Mochammad Mierza dan gol bunuh diri Sayyavath Vansavath. 

Sementara Laos mencetak gol semata wayangnya berkat penalti Phayak Siphanom di awal babak pertama.

Di babak pertama awal pertandingan, Timnas Indonesia dihukum penalti setelah Matthew Sitorus menjatuhkan Sayyavath Vansavath di kotak terlarang. 

 

Phayak Siphanom yang ditunjuk menjadi eksekutor sukses melakukan tugasnya dengan baik sehingga Laos unggul dahulu dengan skor 1-0.

Di menit ke-22, giliran Laos yang dihukum penalti oleh wasit Gholy dijatuhkan di kotak terlarang. Gholy yang mengambil eksekusi penalti itu sukses melakukan tugasnya dengan baik. 
Sehingga skor sama kuat 1-1.

Lima menit berselang, Indonesia berbalik unggul menjadi 2-1. Berawal dari sepak pojok Fabio Azka, pemain Laos salah melakukan antisipasi sehingga menjadi gol bunuh diri.

Di menit ke-37, Indonesia berhasil mencetak gol ketiga lewat sundulan Josh Holong. Indonesia unggul 3-1.

Di masa injury time babak pertama, Putu Panji berhasil menanduk bola tendangan bebas Fabio menjadi gol. Skor 4-1 menutup jalannya babak pertama.

 

Memasuki babak kedua, Indonesia mendominasi jalannya pertandingan, sementara Laos juga mencoba untuk mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan.

Di menit ke-61, Josh Holong berhasil mencetak gol keduanya, hingga kedudukan menjadi 5-1. Di menit ke-79, Mierza berhasil mencatatkan gol keenam Timnas Indonesia U-16. 

Meski tertinggal lima gol, Timnas Laos mencoba untuk menyerang. Namun skor 6-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Berkat kemenangan ini, Timnas Indonesia U16 meraih sembilan poin dari tiga laga, sehingga Indonesia lolos ke semifinal sebagai juara grup.

Topik Menarik